nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Raja Begal di Kota Sorong Ambruk Ditembak Polisi

Chanry Andrew S, Jurnalis · Selasa 04 Februari 2020 10:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 04 340 2162968 raja-begal-di-kota-sorong-ambruk-ditembak-polisi-QWTPx4mYEt.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

SORONG - Tim khusus Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Papua Barat, menangkap seorang pria berinisial AF, yang disebut sebagai Raja Begal Kota Sorong. AF ditangkap di sekitar kilometer 10 kota Sorong, pada Sabtu 1 Februari 2020.

AF terpaksa dilumpuhkan aparat dengan timah panas, karena saat hendak diamankan AF melakukan perlawanan terhadap petugas dan melarikan diri.

Kasubid Jatanras Ditreskrimum Polda Papua Barat, AKBP Junov Siregar mengatakan, AF diburu pihak kepolisian atas hasil pengembangan dan pengakuan dari sejumlah pelaku Begal yang sebelumnya telah diamankan polisi beberapa waktu lalu. Selain dijuluki Raja Begal, AF juga diduga kuat merupakan penadah hasil kejahatan komplotannya.

"Penangkapan AF sebelumnya terjadi drama kejar-kejaran, pelaku sebelumnya telah diketahui keberadaannya oleh petugas dan mencoba melarikan diri saat diamankan di kawasan Kilometer 10, kota Sorong," kata Junov, Selasa (4/2/2020).

 Begal Motor

Kata Junov, petugas terpaksa melumpuhkan pelaku AF karena saat ditangkap yang bersangkutan mencoba melawan petugas dan mencoba melarikan diri.

"Kami terpaksa melumpuhkan pelaku karena saat diamankan pelaku melakukan perlawanan dan mencoba melarikan diri. Anggota langsung mengeluarkan tembakan peringatan, tapi pelaku tidak mengindahkan dan mencoba melawan petugas dan berusaha melarikan diri. Akhirnya anggota mengambil tindakan tegas dan terukur dengan cara melumpuhkan pelaku menggunakan senjata api tepat di paha sebelah kanan," sambungnya.

Menurut Junov, saat melakukan aksinya para pelaku begal di Kota Sorong, terlebih dahulu membuntuti korbannya dengan menggunakan sepeda motor, kemudian melakukan perampasan terhadap barang-barang berharga milik korban.

"Para pelaku juga tak segan-segan melakukan kekerasan dengan benda tajam terhadap korban jika korban melawan. Untuk AF sendiri, pelaku adalah penadah hasil kejahatan yang dilakukan oleh anak buahnya yang terlebih dahulu telah diamankan," ujarnya.

Saat ini, AF bersama sejumlah barang bukti telah diamankan di Mapolres Sorong Kota bersama 10 pelaku begal lainnya yang sebelumnya telah diamankan tim Mangewang Resmob Polres Sorong Kota.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini