Dua Desa di Sidoarjo Terendam Banjir Usai 2 Jam Diguyur Hujan

Selasa 04 Februari 2020 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 04 519 2163117 dua-desa-di-sidoarjo-terendam-banjir-usai-2-jam-diguyur-hujan-DDGwFI4Gzc.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

SIDOARJO – Banjir melanda dua desa di Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu selama dua jam.

Desa Kedungbanteng dan Desa Banjar Asri, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo kembali terendam banjir Senin 3 Februari 2020 dini hari. Banjir kali ini lebih parah dari banjir sebelumnya karena mencapai ketinggian 20 hingga 40 sentimenter.

Banjir di tempat ini terjadi sejak Minggu 2 Februari 2020. Belum sempat surut, ketinggian air malah bertambah hingga mencapai 40 sentimeter setelah diguyur hujan. Kondisi ini membuat aktivitas warga terganggu. Mereka terpaksa beraktivitas di tengah genangan air.

Sejumlah warga mengeluarkan kasur busa agar tidak basah terkena air. Selain itu, mereka juga tampak membuat pembatas dari bahan seadanya untuk mencegah air masuk dalam rumah.

Banjir tersebut diduga akibat drainase yang buruk di kawasan desa tersebut sehingga tidak mampu menampung curah hujan.

Kapolsek Tanggulangin, Kompol Hardianto mengatakan ketinggian air kali ini lebih tinggi dibanding banjir sebelumnya. Polisi mengimbau warga untuk tidak membuang sampah sembarangan karena bisa mengakibatkan banjir.

“Polisi mengimbau kepada warga untuk menjaga saluran air, karena ada masalah di saluran sehingga aliran jadi tidak baik,” katanya, menukil laman iNews.id, Selasa (4/2/2020).

Berdasarkan data dari Kecamatan Tanggulangin menyebutkan, terdapat 200 lebih rumah yang terdampak banjir. Warga berharap, pihak terkait melakukan pembersihan sejumlah selokan maupun normalisasi sungai agar banjir tidak lagi terjadi setiap kali hujan.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini