Sebar Video Hoaks soal Klitih, Sopir Taksi Online Diciduk Polisi

Rabu 05 Februari 2020 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 05 510 2163566 sebar-video-hoaks-soal-klitih-sopir-taksi-online-diciduk-polisi-Zuq2B3umZu.jpg Ilustrasi

SLEMAN - Tindakan tegas terhadap penyebar video hoax terkait klitih, UK (45) asal Kuningan, Jawa Barat, dilakukan Polda DIY.

Penyidik Subdit Cyber Ditreskrimsus Polda DIY, menangkap lelaki tersebut tak berapa lama setelah video hoax itu menyebar dan meresahkan masyarakat, Senin 3 Februari.

Pengemudi taksi online itu, kini menghadapi ancaman hukuman 6 tahun dan denda maksimal Rp 1 miliar. Direskrimsus Polda DIY Kombes Pol Yoyon Tony Putra menjelaskan, UK menyebar video hoax terkait klitih pada Senin digrup WA-nya yang terdiri 30 anggota.

Dalam video berdurasi 30 detik itu, UK memberikan keterangan jika video dengan korban berdarah-darah tersebut adalah korban klitih di Jalan Godean, Sleman.

Baca Juga: Jadi Korban Klitih, Driver Ojol Terluka Disabet Senjata Tajam

"Padahal itu adalah korban kecelakaan yang peristiwanya terjadi di daerah Muntilan, Jawa Tengah sehari sebelumnya. Tapi oleh pelaku diupload seolah-olah merupakan korban klitih," ungkap Yoyon saat rilis di Mapolda DIY seperti dikutip KRJogja.

Perbuatan pria yang tinggal di Sleman itu, menurut Yoyon sudah sangat meresahkan masyarakat. Sehingga tanpa menunggu lama, penyidik Subdit Cyber Ditreskrimsus melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap pelaku di Pantai Ayah, Kebumen, Jawa Tengah.

"Meskipun mengaku hanya iseng, namun pelaku kami jerat UU ITE ancaman penjara 6 tahun denda Rp 1 miliar. Pelaku mengaku menyesali perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulangi lagi," tandas Yoyon.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto SIK mengatakan, perbuatan pelaku sudah meresahkan masyarakat Yogya.

"Apalagi saat ini sedang ramai diperbincangkan terkait maraknya kejahatan jalanan. Tindakan tegas yang dilakukan polisi. Agar bisa memberi efek jera bagi penyebar hoax," pungkas Yuliyanto.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini