nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesawat Berpenumpang 172 Orang Mendarat Darurat Usai Dapat Serangan dari Militer Suriah

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 07 Februari 2020 21:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 07 18 2165109 pesawat-berpenumpang-172-orang-mendarat-darurat-usai-dapat-serangan-dari-militer-suriah-XiauIM3i6C.jpg Ilustrasi Foto/Shutter Stock

MOSCOW - Sebuah pesawat berpenumpang 172 orang yang berangkat dari Teheran ke Damaskus melakukan pendaratan darurat Kamis, 6 Februari 2020 setelah mendapat serangan dari pertahanan udara Suriah.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov, melansir RT, Jumat (7/2/2020) Airbus A320 mendarat di Pangkalan Udara Hmeimim dekat Latakia di barat laut Suriah, yang dioperasikan oleh militer Rusia.

Menurut pernyataan yang dikutip oleh media Rusia, pesawat itu akan mendarat di Damaskus ketika sistem anti-pesawat Suriah melepaskan tembakan merespons diduga serangan udara Israel pada Kamis pagi, 6 Februari 2020.

Konashenkov tidak menyebutkan nama maskapai tersebut, tetapi data dari Flight Radar mengindikasikan bahwa itu adalah pesawat Syria Cham.

Konashenkov menuduh Israel menggunakan pesawat sipil sebagai kedok untuk memblokir pertahanan udara Suriah.

"Operasi semacam itu sering digunakan ahli strategi Israel untuk mempertaruhkan nyawa ratusan orang tak bersalah," kata Konashenkov.

"Pergerakan penerbangan penumpang reguler baik di wilayah udara Suriah dan di seluruh dunia dilakukan di eselon tinggi, yang bisa dilihat dengan jelas oleh radar Israel," lanjut dia.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini