nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nyaris Tenggelam di Kapal Bocor, 3 Nelayan Berhasil Diselamatkan

Azhari Sultan, Jurnalis · Sabtu 08 Februari 2020 17:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 08 340 2165426 nyaris-tenggelam-di-kapal-bocor-3-nelayan-berhasil-diselamatkan-V52AHtQLzL.jpg Foto Istimewa

JAMBI - Tim SAR Basarnas Jambi berhasil menyelamatkan tiga orang nelayan warga Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi akibat boat yang mereka gunakan melaut bocor. Ketiga nelayan tersebut, yakni Agus Nurmansyah (38), M Azmi 35) dan Nahrudin (50).

Kasi Ops Basarnas Jambi, Kornelis mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan jika ada kapal boat mengalami kebocoran.

"Kapal dengan nama Doa Ibu 2 itu bocor, Jumat malam tadi saat hendak pulang dari melaut. Beruntung, tiga orang nelayannya berhasil kita selamatkan," ungkap Kornelis, Sabtu (8/2/2020).

Menurutnya, lokasi tenggelamnya kapal boat tersebut dekat Parit 10, Pangkal Babu, Desa Tungkal 1, Kecamatan Tungkal Ilir.

"Jarak dari dermaga ke lokasi boat tenggelam sekitr 5,5 NM atau 10,2 km," katanya.

 Kapal tenggelam

Dari informasi yang didapat, kapal itu pergi melaut pada Jumat pagi hari pukul 09.00 WIB menuju kawasan Kuala, Sungai Pangabuan, tepatnya di depan alur Parit 10, Pangkal Babu.

Namun, pada Jumat sorenya, saat melepas jaring ikan, kapal diterpa angin kencang dan ombak tinggi. Akhirnya, nakhoda kapal memutuskan untuk berlindung di tepian.

Mendadak, di perjalanan tiba-tiba lunas kapal lepas, karena baut tinggi putus, sehingga air masuk ke dalam kamar mesin.

Atas kejadian itu, nakhoda memberikan informasi kepada kerabatnya Afrizal (37). Kemudian dia melaporkan ke Tim Basarnas untuk meminta pertolongan. Usai berkoordinasi, tim Basarnas bersama BPBD, jajaran Satpol Air Polres Tanjabbar, jajaran Polsek KSKP langsung meluncur ke TKP untuk melakukan penyelamatan.

Sementara itu, Komandan Tim Unit Siaga SAR Tungkal, Asrul Yadi menambahkan, saat melakukan evakuasi, tim SAR gabungan menemukan ketiga nelayan di atas boat yang telah setengah tenggelam.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini