nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Bullying, Ganjar Minta Sekolah Perlu Pasang Kamera CCTV

Taufik Budi, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 23:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 13 512 2168175 cegah-bullying-ganjar-minta-sekolah-perlu-pasang-kamera-cctv-r8jOihaM9a.jpg Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (foto: Okezone.com)

SEMARANG - Kasus bullying yang menimpa seorang siswi di dalam kelas tak hanya menggegerkan jagat maya, tetapi juga mencoreng dunia pendidikan. Tiga pelajar pria yang diduga melakukan perundungan telah ditetapkan sebagai tersangka.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tak bisa menyembunyikan kegeramannya terhadap aksi bullying yang kerap terjadi di lembaga pendidikan. Untuk itu, dia berencana mengumpulkan para pemangku kepentingan di bidang pendidikan untuk mengevaluasi persoalan ini.

“Guru, orang tua, dan pengawas sekolah kita tidak cukup bekerja seperti ini. Karena kasus seperti ini sudah terjadi berkali-kali maka kita harus kerja serius," kata Ganjar, Kamis (13/2/2020).

 Baca juga: Ternyata Sekolah di Purworejo yang Terjadi Bullying Hanya Miliki 21 Siswa

"Mesti dilakukan sistem seperti apa, sarana prasarana seperti apa, kalau perlu dipasangi CCTV sehingga tidak terjadi bulying seperti ini,” tuturnya.

Ganjar pun langsung merespons kasus perundungan ini. Sejak Rabu 12 Februari malam, dia telah menelefon kepala sekolah tempat terjadinya bullying. Kamis pagi, Ganjar juga mengutus Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Purworejo demi mengusut kasus ini.

“Sekolah sudah ambil tindakan, kepolisian juga sudah menerima laporan. Saya sudah koordinasi dengan pengurus organisasi induk sekolahnya. Jadi sudah saya telponi semua,” tandas Ganjar.

 Baca juga: Siswi Korban Bully di Purworejo Derita Luka Lebam di Pinggang

Dia juga meminta siswa terduga pelaku perundungan diberi konseling dari guru maupun psikolog. Menurutnya, kenakalan siswa sebagaimana tampak dalam video yang viral itu harus diatasi dengan konseling agar perilaku bullying tidak terjadi lagi ke depannya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini