nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertama Kali dalam 6 Bulan, Kebakaran Hutan di NSW, Australia Berhasil Dikendalikan

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 14 Februari 2020 15:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 14 18 2168463 pertama-kali-dalam-6-bulan-kebakaran-hutan-di-nsw-australia-berhasil-dikendalikan-Xfafszm6UL.jpg Ilustrasi.

SYDNEY - Kebakaran yang melanda seluruh bagian New South Wales (NSW), Australia untuk pertama kalinya telah berhasil sepenuhnya dibatasi. Hal itu disampaikan pihak berwenang NSW pada Jumat, 14 Februari 2020.

Australia telah berjuang melawan ratusan kobaran api sejak September 2019, akibat musim panas yang tidak biasa dan kekeringan yang melanda Negeri Kanguru selama tiga tahun terakhir. Salah satu daerah yang terkena dampak kebakaran terparah adalah NSW, yang merupakan negara bagian berpenduduk terpadat di negara itu.

BACA JUGA: Hujan Terlebat dalam Tiga Dekade Padamkan Dua Kebakaran Terbesar Australia

Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan (RFS) NSW pekan ini mengatakan telah bahwa dengan dibantu badai yang menghantam pantai timur Australia, mereka telah berhasil mengendalikan semua titik api di daerahnya.

“Setelah musim kebakaran yang benar-benar menghancurkan, baik bagi petugas pemadam kebakaran dan penduduk yang sangat menderita musim ini, semua kebakaran di New South Wales kini terkendali. Itu adalah berita bagus,” kata Wakil Komisaris NSW RFS Rob Rogers kepada kantor berita Australia Broadcasting Corp, Jumat (14/2/2020).

BACA JUGA: PM Morrison: Kebakaran Hutan Australia Kemungkinan Berlangsung Berbulan-bulan

Meski masih ada sekira 24 kebakaran yang masih menyala, situasi saat ini jauh berbeda dari saat krisis mencapai puncaknya pada awal Januari 2020. Saat itu petugas pemadam kebakaran NSW berjuang mengendalikan hampir 150 kebakaran yang membuat jalur api sepanjang sekira 6.000 kilometer.

Sejak September 2019, kebakaran di seluruh negeri telah menghancurkan hampir 12 juta hektar hutan semak kering, menewaskan 33 orang dan diperkirakan membunuh 1 miliar hewan asli benua itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini