nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditolak 5 Negara karena Takut Covid-19, Kapal Pesiar MS Westerdam Berlabuh di Kamboja

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 19:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 14 18 2168634 ditolak-5-negara-karena-takut-covid-19-kapal-pesiar-ms-westerdam-berlabuh-di-kamboja-RRelJ78JMe.jpg Kapal pesiar WS Westerdam berlabuh di Kamboja. (Foto/Fresh News Media)

PHNOM PENH – Kapal Pesiar MV Westerdam akhirnya berlabuh di Kamboja, setelah mendapatkan penolakan dari 5 negara.

Operator kapal pesiar, Holland America Line mengatakan, di antara 1.455 penumpangnya dan awak kapal, tidak ada yang terinfeksi virus korona Covid-19.

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen mengizinkan Kapal WS Westerdam berlabuh di pelabuhan Sihanoukville, setelah Thailand, Jepang, Taiwan, Guam yang masuk wilayah AS dan Filipina melarang kapal itu berlabuh.

Kepala eksekutif Holland America Line, Stein Kruse, Presiden Trump, Departemen Luar Negeri AS dan Dewan Keamanan Nasional karena berperan dalam mengamankan perjalanan kapal itu ke Kamboja.

"Kami menyampaikan rasa terima kasih kami yang terdalam kepada Presiden Trump, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen yang terhormat, Menteri Luar Negeri Kanada (François-Philippe) Champagne, pejabat terpilih di seluruh negeri dan pemerintah di seluruh dunia karena memberikan dukungan," kata Kruse mengutip 9 News, Jumat (14/2/2020).

Foto/Fresh News

Baca juga: Amerika Serikat Siap Bantu Korea Utara Perangi Covid-19

Baca juga: 238 WNI di Natuna Sehat, DPR Minta Masyarakat Tak Khawatir

Di antara penumpang Westerdam pertama yang turun dari kapal adalah Anna Marie Melon, dari Queensland, yang memuji Hun Sen.

"Betapa indahnya berada di sini. Terima kasih banyak kepada perdana menteri. Dia memiliki hati yang luar biasa," katanya.

"Saya sangat senang [berada di sini]," lanjut dia.

Para penumpang bersorak saat mereka berjalan menuju bus dan melambaikan tangan kepada penumpang yang berada di dek kapal.

Dua puluh penumpang melaporkan sakit perut atau demam, tetapi tes yang dilakukan di Institut Pasteur di Phnom Penh menunjukkan tidak ada yang terjangkit Covid-19.

Kapal Westerdam mulai berlayar di Singapura pada bulan lalu dan seharusnya mengakhiri pelayaran di Hong Kong, namun ditolak berlabuh.

Sedangkan Hun Sen, yang telah berkuasa selama 35 tahun mengatakan ia membiarkan Westerdam berlabuh di Kamboja karena alasan kemanusiaan.

"Seperti saya katakan, penyakit sebenarnya adalah rasa takut, bukan virus. Kami ingin menghilangkan rasa takut terhadap penyakit," katanya dalam sebuah wawancara dengan Fresh News.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini