nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lebanon Terpapar Virus Korona, 1 Positif dan 2 Suspect

Agregasi VOA, Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 18:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 22 18 2172636 lebanon-terpapar-virus-korona-1-positif-2-suspect-dwOmzeXQhp.jpg Ilustrasi Virus Korona (Foto: Shutterstock)

LEBANON - Untuk pertama kalinya, Lebanon mengumumkan adanya pasien yang mengidap virus korona atau COVID-19 di negara tersebut pada Jumat 21 Februari 2020. Pasien tersebut merupakan seorang perempuan berusia 45 tahun yang baru tiba dari Iran dan kini dikarantina di rumah sakit.

"Kami mengukuhkan pasien pertama hari ini," kata Menteri Kesehatan Lebanon Hassan Hamad dalam konferensi pers, seperti diberitakan VOA Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Hassan juga mengatakan jika ada dua orang yang diduga mengidap virus tersebut. Namun keduanya masih dalam pemeriksaan.

Diketahui pasien itu tiba hari Kamis 20 Februari 2020 dengan penerbangan dari kota Qom di Iran. Perempuan itu dan dua suspek lainnya dikarantina di rumah sakit pemerintah Rafik Hariri di Beirut.

Korona

Baca Juga: Uni Emirat Arab Terpapar Virus Korona

Sementara itu, juru bicara kementerian kesehatan Iran, Kianoush Jahanpour mengatakan pasien-pasien yang baru dideteksi itu semuanya terkait dengan Qom, di mana dua pasien lansia meninggal pada hari Rabu. Sejauh ini, 18 pasien telah dikukuhkan di Iran, termasuk empat orang yang meninggal itu.

Pejabat lainnya di kementerian kesehatan Iran, Minoo Mohraz, mengatakan, virus "itu kemungkinan berasal dari pekerja China yang bekerja di Qom dan bepergian ke China." Sebuah perusahaan China diketahui membangun pembangkit listrik tenaga surya di Qom.

Qom adalah tujuan wisata rohani populer dan pusat pengetahuan serta kajian agama bagi Muslim Syiah dari dalam Iran sendiri, serta dari Irak, Pakistan, Afghanistan dan Azerbaijan.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini