nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tebing 4 Meter di Buleleng Ambrol, Longsoran Timpa Rumah

Agregasi Balipost.com, Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 22:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 22 244 2172688 tebing-4-meter-di-buleleng-ambrol-longsoran-timpa-rumah-oKAdL0TBK2.jpg (Foto: Balipost)

SINGARAJA – Hujan deras yang melanda Buleleng, Sabtu (22/2/2020), mengakibatkan bencana tanah longsor. Sebuah rumah di Dusun Tangkid, Desa Tamblang, Kecamatan Kubutambahan, milik Wayan Sukramas tertimbun tanah. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 15.00 Wita.

Wayan Sukramas mengatakan, rumah tinggalnya yang berukuran 8 x 3 meter tertimbun tanah longsor dari tebing terjal yang disender sejak setahun lalu. Beberapa menit sebelum tebing longsor, Sukramas beristirahat. sedangkan sang istri, Nyoman Sari berada di luar rumah.

“Kalau saya tidak keluar sudah pasti ikut tertimbun,” katanya.

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng, IB Suadnyana menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC). Dari asessmen yang dilakukan, struktur tanah yang longsor dalam kondisi labil.

Baca juga: Maling Motor di Enrekang Ditangkap Polisi Gegara Kehabisan Bensin di Toraja

Meski ketinggian tebing hanya 4 meter, tanah mudah tergerus dan longsor. Pihaknya meminta kepala desa untuk mengusulkan ke Kecamatan dan diteruskan ke BPBD Buleleng, selanjutnya dari BPBD akan mengusulkan Dinas Perkimta Buleleng untuk dibantu bedah rumah.

“Kami harap warga tetap waspada, apalagi yang tinggal di daerah tebing-tebing saat musim hujan, karena potensi longsor pasti selalu ada, minimal bisa menghindari jatuhnya korban,” ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini