nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WHO Khawatir Covid-19 Menyebar ke Berbagai Negara akibat Lemahnya Sistem Kesehatan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Minggu 23 Februari 2020 14:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 23 18 2172864 who-khawatir-covid-19-menyebar-ke-berbagai-negara-akibat-lemahnya-sistem-kesehatan-tu1vQLOpND.jpg Foto: Okezone.

JENEWA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan kekhawatiran akan penyebaran virus korona ke berbagai negara dunia, terutama negara-negara dengan sistem kesehatan yang dinilai masih lemah. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus di tengah penurunan jumlah kasus virus korona di China, negara asal wabah tersebut.

“Kekhawatiran terbesar kami terus menjadi potensi COVID-19 untuk menyebar di negara-negara dengan sistem kesehatan yang lebih lemah,” kata Tedros sebagaimana dilansir Reuters, Minggu (23/2/2020).

BACA JUGA: WHO Menyatakan Waktunya Hampir Habis untuk Cegah Merebaknya Virus Korona

WHO menyerukan kucuran dana sebesar USD675 juta untuk membantu negara-negara yang paling rentan. Tedros menambahkan bahwa 13 negara di Afrika dipandang sebagai prioritas utama karena hubungannya dengan China.

Meski menunjukkan penurunan dalam jumlah kasus baru di China, di negara lain wabah virus korona, yang telah diberi nama Covid-19, justru menunjukkan peningkatan, terutama di tiga negara: Italia, Korea Selatan dan Iran.

Menurut laporan terbaru, Korea Selatan menunjukkan pertambahan 123 kasus baru, dengan empat kematian akibat Covid-19, sementara di Iran, 10 kasus baru telah dikonfirmasi, dan korban jiwa telah mencapai enam orang.

Di Eropa, Italia menjadi negara yang terdampak paling parah dengan 51 kasus dikonfirmasi dan dua kematian dilaporkan.

BACA JUGA: Hampir 77.000 Kasus Virus Korona Terkonfirmasi di China, Korban Meninggal 2.442

Sebelumnya, Pimpinan Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat di Universitas Hong Kong, Prof Gabriel Leung mengatakan bahwa virus korona baru ini dapat menulari 60% populasi dunia.

Hingga saat ini, wabah tersebut telah menyebar ke 26 negara di luar China, dengan 78.773 kasus dikonfirmasi dan 2.462 korban meninggal dunia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini