nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demam hingga 37 Derajat Celcius, WNA Prancis Diisolasi di RSUD Luwuk

INews.id, · Sabtu 29 Februari 2020 15:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 29 340 2176114 demam-hingga-37-derajat-celcius-wna-prancis-diisolasi-di-rsud-luwuk-B1vDFIUzcx.jpg Petugas Medis RSUD Luwuk Kenakan Seragam Khusus saat Menerima Pasien yang Merupakan WNA Prancis (foto: iNews/Jemmy Hendrik)

LUWUK – Diduga memiliki gejala mirip Virus Korona (Covid-19), seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Prancis berinisial C (71) mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Luwuk di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Sabtu (29/2/2020).

Warga Prancis itu sebelumnya merupakan pasien rujukan dari RSUD Ampana di Kabupaten Tojo Una-Una. Pantauan iNews, setiba di rumah sakit, pasien dibantu dua petugas medis langsung dibawa ke dalam ruang isolasi untuk mendapat perawatan khusus.

Baca Juga: Perpanjang Visa, Ratusan Turis China yang Berlibur di Bali Takut Pulang 

Simulasi Penanganan terhadap Virus Korona

Tenaga medis maupun dokter yang menangani WNA Prancis tampak memakai seragam khusus, lengkap dengan masker serta sarung tangan. Kabar adanya WNA Prancis menjalani pemeriksaan akibat dugaan terinfeksi virus korona ini dengan cepat menyebar di kalangan masyarakat.

Kepala Bidang Keperawatan RSUD Ampana, Gerry mengatakan, pasien ini awalnya mendapat perawatan akibat gejala gangguan pencernaan. Dengan berbagai pertimbangan dan hasil koordinasi, maka dirujuk ke RSUD Luwuk.

“Untuk gejala sakitnya gangguan pencernaan. Namun memang pemeriksaan dokter spesialis, suhu tubuh sampai 37 derajat Celsius,” kata Gerry yang mendampingi pengantaran pasien, Sabtu (29/2/2020).

Kendati demikian dia menegaskan, untuk masuk ke Indonesia, tentunya telah melewati bandara dan pemeriksaan kesehatan. Namun dia belum bisa berkomentar banyak soal dugaan Virus Korona (Covid-19) karena harus menunggu hasil observasi.

“Turis ini masuk Indonesia pada 12 Februari dari Malaysia. Dalam perjalanan dia sudah melewati serangkaian proses untuk pengecekan virus korona. Dan jika bisa sampai masuk, artinya aman,” katanya.

Sementara di RSUD Luwuk, pasien berinisial C datang dengan didampingi suami. Dia kini berada di ruang isolasi. Berdasarkan informasi, awalnya melakukan perjalanan wisata dari Prancis menuju Thailand. Kemudian lanjut ke Malaysia dan Indonesia melalui Makassar hingga sampai di tujuan yakni Kepulauan Togean di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulteng.

Baca Juga: Pimpinan DPR Minta Kemendagri Bentuk Desk Korona 

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini