Banjir di Cirebon Berangsur Surut pada Pagi Ini

Fathnur Rohman, Okezone · Sabtu 07 Maret 2020 10:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 07 525 2179603 banjir-di-cirebon-berangsur-surut-pada-pagi-ini-cSmEjtVwvd.jpg Banjir di Cirebon berangsur surut. (Foto: Fathnur Rohman/Okezone)

CIREBON – Banjir yang melanda sedikitnya lima desa di empat kecamatan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, berangsur surut pada Sabtu pagi ini. Ketinggian air diperkirakan turun 30 sampai 50 sentimeter.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon Dadang Suhendra mengatakan banjir kali disebabkan curah hujan tinggi yang turun sejak Jumat 6 Maret sore. Sehingga, mengakibatkan debit air sungai meningkat dan merendam permukiman warga.

Baca juga: Sungai Ciwaringin Meluap, Desa Gintung Lor Cirebon Terendam Banjir 

Ia mengatakan, desa terparah yang terdampak banjir adalah Gintung Lor di Kecamatan Susukan. Dadang menyebut ada ratusan warga yang sempat mengungsi ke posko. Akan tetapi karena air berangsur surut, sebagian warga kembali ke rumah masing-masing.

"Pengungsi sudah mulai kembali ke rumah karena dianggap aman. Air sudah mulai surut," katanya kepada Okezone, Sabtu (7/3/2020).

Banjir di Cirebon. (Foto: Fathnur Rohman/Okezone)

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa banjir kali ini juga melanda beberapa desa lain di Kabupaten Cirebon. Total ada lima desa di empat kecamatan yang terdampak banjir.

Dia memaparkan, kelima desa itu adalah Sarabau dan Gamel di Kecamatan Plered, Desa Kebarepan di Kecamatan Plumbon, Desa Babakan Ciwaringin di Kecamatan Ciwaringin, serta Desa Gintung Lor di Kecamatan Susukan.

"Banjir ini merendam lima desa di empat kecamatan. Mulai Desa Sarabau, Desa Gamel Plered, Desa Kebarepan Plumbon, Desa Babakan Ciwaringin. Paling parah di sini, Desa Gintung Lor Susukan," ungkapnya.

Baca juga: Rumah Terendam Banjir, Ratusan Warga Desa Gintung Lor Cirebon Mengungsi 

Ia melanjutkan, petugas gabungan dari BPBD, PMI, TNI, dan polisi sempat melakukan evakuasi warga menggunakan perahu karet. Dadang mengungkapkan bahwa ketinggian air yang merendam ke lima desa itu berkisar 30 sampai 150 cm.

Dadang sendiri mengimbau kepada warga agar selalu waspada apabila banjir kembali terjadi. Ia mengungkapkan, berdasarkan laporan cuaca dari BMKG, wilayah Kabupaten Cirebon masih berpotensi diguyur hujan deras.

"Warga tetap harus waspada. Ketinggian air tadi malam itu antara 30 sampai 150 cm," jelasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini