Share

Polisi Bongkar Produksi Tembakau Gorila di Kota Cirebon

Fathnur Rohman, Okezone · Rabu 11 Maret 2020 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 11 525 2181557 polisi-bongkar-produksi-tembakau-gorila-di-kota-cirebon-CheGTowB5l.JPG Polres Cirebon merilis kasus tembakau gorila (Foto: Okezone.com/Fathnur Rohman)

CIREBON - Aparat Satuan Narkoba Polres Cirebon Kota berhasil membongkar praktik pembuatan tembakau gorila di Kota Cirebon, Jawa Barat, yang dijalankan oleh seorang pria berinisial FA. Pelaku ditangkap di rumah kontrakannya di Desa Jatimerta, Kabupaten Cirebon pada Senin 2 Maret 2020 lalu.

Wakapolres Cirebon Kota, Kompol Marwan Fajrin mengatakan, FA baru menjalankan bisnis haramnya selama kurang lebih sekitar dua bulan. Ia belajar membuat tembakau gorila dari internet. FA mencampur tembakau dengan cairan-cairan kimia.

Marwan menerangkan, modus yang dipakai oleh FA adalah dengan menjual tembakau gorila buatannya melalui media sosial Instagram. Dari pengakuan pelaku, dirinya mendapat keuntungan sekitar Rp400 ribu dalam sekali transaksi.

"Dia menjalankan sendiri. Kami mengetahuinya dari informasi dan cyber patroli juga dengan monitor di medsos, dan dikembangkan oleh Satnarkoba. Dia belajar sendiri dari internet," kata Marwan kepada wartawan, Rabu (11/3/2020).

Barbuk Tembakau Gorila

Dikatakan Marwan, selain mengamankan FA, pihaknya juga berhasil meringkus seorang pengedar tembakau gorila berinisial S. Dari tangan pelaku, petugas menyita sejumlah barang bukti berupa beberapa gram tembakau gorila yang sudah dikemas.

Marwan melanjutkan, total barang bukti yang disita petugas bernilai sekitar Rp74.300. Kedua pelaku nantinya akan dijerat Pasal 114 ayat 2 juncto Pasal 112 ayat 2 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika juncto Permenkes 44 Tahun 2019 tentang perubahan golongan Narkotika.

"Tersangka tembakau gorila ada dua. S di TKP Kesambi. Yang diamankan satu paket tembakau gorila. Yang kedua FA itu," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini