Yunani Resmi Lantik Presiden Wanita Pertama Sepanjang Sejarah

Medikantyo, Okezone · Jum'at 13 Maret 2020 19:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 13 18 2182994 yunani-resmi-lantik-presiden-wanita-pertama-sepanjang-sejarah-MnB3S1pqVM.jpg Presiden baru Yunani Katerina Sakellaropoulou (Foto: Greek Reporter)

ATHENA - Katerina Sakellaropoulou mengambil sumpah sebagai Presiden baru Yunani pada Jumat (13/3/2020). Pelantikan tersebut sekaligus menjadikan Katerina sebagai presiden wanita pertama sepanjang sejarah Yunani.

Jabatan terakhir Sakellaropoulou sebelum diangkat sebagai presiden adalah Ketua Dewan Negara atau mahkamah administratif tertingi di Yunani. Wanita 63 tahun itu terpilih menggantikan Prokopis Pavlopoulos, usai memenangkan pemungutan suara di parlemen pada Januari 2020.

Pelantikan Sakellaropoulou dihadiri secara terbatas oleh anggota parlemen seiring langkah antisipasi terhadap penyebaran virus korona (Covid-19). Prosesi berlanjut dengan menaruh karangan bunga di monumen militer Yunani, serta serah terima jabatan dengan Pavlopoulos di rumah dinas kepresidenan.

Sakellaropoulou akan menjalani masa jabatan selama lima tahun ke depan, dengan target awal menangani krisis ekonomi, perubahan iklim, serta fenomena migrasi massal menuju negara di selatan Eropa itu.

Masalah lain yang menjadi perhatian di awal jabatan Sakellaropoulou, adalah penyebaran virus korona di negara tersebut. Berdasarkan data terkini pada Jumat (13/3/2020) kasus positif tertular virus korona di negara tersebut mencapai 133 orang dengan satu pasien tercatat meninggal dunia.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini