Ledakan di Kompleks Penyulingan Minyak Petronas, Lima Orang Tewas

Medikantyo, Okezone · Senin 16 Maret 2020 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 16 18 2184169 ledakan-di-kompleks-penyulingan-minyak-petronas-lima-orang-tewas-5EYg0zJd2T.jpg Ledakan di fasilitas penyulingan minyak di Pengerang, Malaysia (Foto: Okezone.com/Twitter)

KUALA LUMPUR - Ledakan terjadi di fasilitas penyulingan minyak serta pengolahan petrokimia milik Petronas dan Aramco di Pengerang, Johor, Malaysia pada Minggu 15 Maret 2020. Ledakan tersebut mengakibatkan lima orang tewas, dengan jenazah terakhir ditemukan tim penyelamat pada Senin (16/3/2020).

Petugas pemadam kebakaran wilayah Johor (JBPM), juga menemukan satu korban selamat serta seorang lagi mengalami luka bakar hingga 40 persen dan dilarikan ke rumah sakit setempat. Usaha pemadaman api dalam insiden di Kompleks Terintegrasi Pengerang (PIC) itu sendiri masih dilakukan hingga Senin siang, seperti diungkap komandan JBPM, Pauzan Ahmad.

"Total tujuh orang ditemukan dari lokasi kejadian dengan bantuan petugas pemadam kebakaran dari Pengerang, korban dengan luka bakar kini menjalani perawatan di Rumah Sakit Sultan Ismail," kata Pauzan dalam pernyataan resmi terkait insiden itu seperti dilansir oleh laman Bernama.

Insiden kebakaran itu tepatnya terjadi pada bagian Hydro Diesel Treater Unit, yakni fasilitas penyaringan sulfur dari minyak solar mentah. Pengerang Refining and Petrochemical (PRefChem) menyebut sudah mengaktifkan tim untuk mencari penyebab utama terjadinya ledakan dan kebakaran itu.

Kejadian tersebut mengundang keprihatinan dari Sultan Johor Sultan Ibrahim Almarhum Sultan Iskandar, yang menyampaikan pernyataan duka atas meninggalnya lima orang korban. Sultan Ibrahim juga menyebut harapan kepada PRefChem meningkatkan keamanan kerja di kompleks penyulingan tersebut.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini