nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diguyur Hujan Deras, 3 Desa di Bandung Barat Sempat Kebanjiran

CDB Yudistira, Okezone · Jum'at 27 Maret 2020 14:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 27 525 2189885 diguyur-hujan-deras-3-desa-di-bandung-barat-sempat-kebanjiran-IajfQMv4iE.jpeg Banjir di Kabupaten Bandung Barat. (Foto: CDB Yudistira/Okezone)

BANDUNG – Hujan deras yang terjadi pada Kamis 26 Maret 2020 sore di wilayah Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, menyebabkan tiga desa di Kecamatan Gununghalu sempat terendam banjir.

Masing-masing adalah Desa Gununghalu, Sirnajaya, dan Bunijaya. Banjir disebabkan meluapnya Sungai Cidadap yang tidak kuat menahan debit air hujan deras. Air sungai meluap hingga permukiman warga.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat Duddy Prabowo saat dikonfirmasi, Jumat (27/3/2020).

Banjir ini menyebabkan beberapa kerugian, di antaranya sawah di Kampung Sadatar terendam dan tanaman di Kampung Tangsi juga terendam.

Sedangkan di Kampung Ciawitali, jembatan bambu rusak ringan. Di Kampung Cibanteng, sawah terendam. Di Kampung Leuwi Larangan, sawah dan jalan lingkungan rusak 10 meter. Dua bedeng terendam di Kompleks Perkebunan Montaya.

Selain itu banjir juga mengakibatkan 11 bedeng dan 1 masjid di Desa Sinarjaya terendam. Lalu 3 rumah dan 1 pesantren serta 1 kolam di Kampung Pasanggrahan ikut terendam. Kemudian 2 rumah di Kampung Ciawitali dan Cibolang terendam.

"Jumlah kepala keluarga (KK) terdampak 18 KK atau 150 jiwa tersebar di 3 Desa Gununghalu, Sirnajaya, Bunijaya. Kerusakan alat rumah tangga di beberapa rumah yang terendam," ungkapnya.

Saat ini di lokasi yang terdampak, banjir sudah dinyatakan surut sejak kemarin malam. Namun beberapa material seperti tanah, batu, dan lumpur masih memenuhi permukiman warga.

Pihak BPBD Bersama masyarakat pun saat ini Bersama-sama melakukan pembersihan yang meliputi perbaikan jembatan, jalan, serta mengirim alat kebersihan keluarga dan paket sembako untuk warga terdampak.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini