nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pandemi Corona, Jumlah Perantau Mudik ke Pangandaran Capai 400 Orang

Syamsul Maarif, Okezone · Senin 30 Maret 2020 22:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 30 525 2191492 pandemi-corona-jumlah-perantau-mudik-ke-pangandaran-capai-400-orang-2ErTEjy2UE.JPG Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata (Foto: Ist)

PANGANDARAN - Jumlah pendatang ke Pangandaran, Jawa Barat di saat Pemerintah melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) dalam satu pekan tergolong tinggi.

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata mengatakan, pada Sabtu 28 Maret 2020 lalu, pendatang ke Pangandaran tercatat 188 orang, sedangkan Senin (30/32020) hari ini mencapai 400 orang.

"Menyikapi lonjakan angkat tersebut, Pemerintah Kabupaten Pangandaran sudah menggelar rapat koordinasi dengan Forkopimda untuk melakukan langkah pengendalian," kata Jeje.

Jeje menambahkan, langkah pengendalian tersebut di antaranya dengan melakukan pengetatan wilayah.

"Bagi warga Pangandaran yang berada di daerah zona merah virus Corona untuk tidak kembali dulu ke Pangandaran," tambahnya.

Jeje menjelaskan, Pemkab Pangandaran juga sudah memberhentikan angkutan umum untuk tidak beroperasi sampai Selasa, 14 April 2020 mendatang.

"Kami akan evaluasi setelah beberapa langkah pengendalian yang diberlakukan apakah efektif atau tidak," jelasnya.

Selain itu, dia menegaskan bahwa Pemkab Pangandaran akan memperketat akses masuk dan keluar di lima titik perbatasan yang ada di Pangandaran.

"Orang yang masuk ke Pangandaran akan di periksa apakah betul warga Pangandaran atau bukan, dia membawa teman atau tidak dan apakah berasal dari zona merah atau bukan," ucap dia.

Pemerintah Kabupaten Pangandaran lanjut Jeje, sudah memiliki rapid test dan segera melakukan tes ke 400 OPD.

"Salah satu yang akan diprioritaskan di antaranya seluruh pegawai yang ada di Puskesmas karena mereka harus sehat dan bebas dari virus corona," tandasnya.

Sedangkan untuk teknis rapid test sendiri nantinya akan dibagi menjadi 30 tim yang akan datang ke rumah-rumah warga.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini