nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov Jateng Sudah Menyiapkan Protokol Darurat Sipil

Taufik Budi, Okezone · Selasa 31 Maret 2020 21:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 31 512 2192046 pemprov-jateng-sudah-menyiapkan-protokol-darurat-sipil-TYWLc4Rov5.jpg Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Foto: Diskominfo Jateng

SEMARANG – Pemerintah berencana menerapkan pembatasan sosial berskala besar dengan darurat sipil untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Langkah itu diambil karena jumlah orang yang terpapar Covid-19 semakin tinggi.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengaku sudah menyiapkan protokol apabila pemerintah pusat menetapkan darurat sipil. Sebagai komando tertinggi di daerah dalam menjalankan kebijakan itu, protokol telah disiapkan dengan berbagai pertimbangan, termasuk sosial dan ekonomi.

"Saya sudah perintahkan seluruh bupati/wali kota menghitung sumber daya yang ada di kecamatan sampai desa. Ada berapa toko logistik, bank, rumah sakit, dan suplai air bersih bagaimana,” kata Ganjar, Selasa (31/3/2020).

Baca juga: Pemerintah Apresiasi Tenaga Media dan Pengemudi Ojek Daring

“Kalau nantinya ini dilakukan dan mereka harus membantu, maka semua bisa dikelola dengan baik agar semuanya lancar," tegasnya.

Percobaan sudah dilakukan dengan model isolasi di tingkat desa. Pihaknya juga sudah menggerakkan Satpol PP, Linmas bekerjasama dengan TNI/Polri untuk menjadi polisi corona dan berkeliling memberikan edukasi pada masyarakat untuk menjaga jarak.

"Sebenarnya kami sudah melakukan satu improvisasi di daerah, tentunya dengan mengedepankan kondisi sosial, kultural dan psikologis masyarakat," paparnya.

Politikus PDIP itu meminta masyarakat tidak perlu khawatir, jika nantinya tindakan darurat sipil diambil oleh pemerintah. Menurutnya, kebijakan itu bertujuan untuk membatasi masyarakat agar tak berkerumun dan mengutamakan jaga jarak.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini