nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pimpinan WHO Kecam Saran Jadikan Afrika Lahan Uji Coba Vaksin COVID-19

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 07 April 2020 13:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 07 18 2195427 pimpinan-who-kecam-saran-jadikan-afrika-lahan-uji-coba-vaksin-covid-19-BZoU6031e5.jpg Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Foto: Reuters)

JENEWA - Saran dari dua ahli medis Prancis untuk menguji vaksin virus corona (COVID-19) di Afrika mendapat kecaman dari berbagai pihak. Pimpinan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebut saran itu rasis, mengerikan dan peninggalan mental kolonial.

Paul Mira dan Camille Locht mengemukakan masalah itu saat tampil di saluran TV Prancis LCI pekan lalu, menunjuk pada kurangnya masker, perawatan, dan ventilator di benua itu.

Ditanya mengenai saran tersebut pada Senin (6/4/2020), Tedros mengatakan dia "terkejut" oleh "pernyataan rasis" yang dilontarkan kedua ahli medis itu.

"Afrika tidak bisa dan tidak akan menjadi tempat uji coba untuk vaksin apa pun," kata pimpinan WHO, yang berasal dari Ethiopia itu sebagaimana dilansir Russia Today, Selasa (7/4/2020). "Kami akan mengikuti semua aturan untuk menguji vaksin atau terapi apa pun di seluruh dunia menggunakan aturan yang persis sama, apakah itu di Eropa, Afrika atau di mana pun."

Komentar Tedros itu senada dengan kecaman yang juga disampaikan sejumlah pihak setelah acara diskusi yang menampilkan kedua ahli medis Prancis itu ditayangkan.

Meskipun relatif tidak memiliki peralatan dan teknologi perlindungan dibandingkan dengan tempat lain, Afrika sejauh ini tidak terlalu terpengaruh oleh pandemi Covid-19. Dari 1,3 juta kasus Covid-19 yang terdokumentasi di seluruh dunia, hanya 9.500 yang telah terdaftar di Afrika, dan hanya kurang dari 450 kematian yang dikonfirmasi.

Sebagai perbandingan, Amerika Serikat (AS) memiliki hampir 350.000 kasus dan lebih dari 10.000 kematian.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini