Ibu Bina, Pemeran Serial "Mbangun Desa" Bagikan Puluhan Porsi Makan Selama Corona

krjogja.com, · Jum'at 17 April 2020 23:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 17 510 2201040 ibu-bina-pemeran-serial-mbangun-desa-bagikan-puluhan-porsi-makan-setiap-hari-selama-corona-epZ2NKBL3X.jpg Ibu Bina bersama cucu (foto: pribadi)

YOGYA - Di tengah sulitnya ekonomi masyarakat akibat virus corona, ternyata masih ada orang baik yang mau berbagi sesama. Salah satunya seperti yang dilakukan seorang wanita 54 tahun yang sehari-hari tinggal di Kota Yogyakarta dengan usahanya warung makan.

Wanita itu bernama Ani Woro Budiati alias Ibu Bina. Masih ingat dalam ingatan bila mendengar nama Ibu BIna pasti tertuju pada pemeran serial Mbangun Desa yang tayang di TVRI pada 1988 hingga 2008 lalu. Tokoh legendarisnya “Pak Bina dan Den Baguse Ngarsa”. Ada Pak Bina, tentu saja ada Bu Bina yang mungkin tak sesering tokoh utama keluar dalam sorot kamera.

Sosok Bu Bina ini ternyata diperankan oleh Ani Woro Budiati yang kini sudah berusia 54 tahun. Bu Bina kerap kali menjadi tokoh yang bijaksana, seperti Pak Bina (almarhum Heru Kesawa Murti) yang menjadi tokoh panutan di desa “Mbangun Desa”.

Ani memang saat ini sudah tak lagi aktif di dunia layar kaca dan tinggal di Gambiran Pandeyan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Ia mengelola sebuah rumah makan dengan lima orang pekerja yang membantunya. Di masa pandemi Covid-19 saat ini usahanya praktis mandeg lantaran sepi pembeli.

Namun ternyata, kondisi tersebut tak membuatnya surut untuk berbagi kebahagiaan pada sesama yang lebih membutuhkan. Setiap hari tak kurang 70 porsi makanan dibuat untuk dibagikan secara cuma-cuma bagi masyarakat yang membutuhkan.

Pengayuh becak, pemungut sampah hingga petugas medis maupun pengemudi ojek online diberikan makanan secara gratis. Kegiatan inisiatif pribadi tersebut sudah berjalan 21 hari hingga saat ini, selama masa tanggap darurat Covid-19 di DIY.

Maka ia merogoh kocek pribadi pada awalnya untuk menghidupkan warung makannya. Masakan yang dibuat langsung dibagikan, hingga akhirnya banyak tangan ikut membantu sampai saat ini.

“Awalnya kami berupaya membuat orang lain tetap berkarya yang artinya memiliki secara ekonomi bisa bergerak. Setiap hari kami tetap memasak 50-70 box untuk dibagikan gratis bagi siapapun yang membutuhkan. Sampai saat ini sudah berjalan 21 hari. Alhamdulillah banyak yang membantu,” ungkapnya pada KRjogja.com, Jumat (17/4/2020).

Efek positif berupaya dihidupkan “Bu Bina” dalam perjalanan membuat makanan gratis. Selain karyawannya tetap bekerja, ia juga memberdayakan jasa travel yang saat ini sangat lesu untuk ikut membagi-bagikan makanan.

“Kami berusaha sebisa mungkin membantu meski tak besar, agar roda ekonomi orang di sekitar bisa berjalan. Memang mungkin belum banyak hanya 50 porsi setiap hari tapi mudah-mudahan bisa membantu orang-orang yang tetap harus bekerja di jalan atau di rumah sakit saat masa seperti ini,” ungkapnya lagi.

Bagus Kresnawan, putra Ani yang juga membantu bergerak menambahkan saat ini banyak donatur yang ikut berpartisipasi dalam gerakan kecil mereka. Para penyumbang tak melulu memberikan uang saja namun juga dalam bentuk bahan pangan yang nantinya diolah dan dibagikan.

“Tujuan kami ingin membawa kebahagiaan kecil untuk sesama, dan ternyata responnya luar biasa. Banyak teman yang nyumbang dan semoga bisa terus bergerak sampai nantinya pandemi ini selesai. Makanan-makanan ini bisa kami bagikan sesuai permintaan, apakah ke rumah sakit, atau siapapun yang memang membutuhkan,” pungkasnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini