Desa di Purbalingga Siapkan 20 Kamar untuk Karantina Para Pemudik

krjogja.com, · Rabu 22 April 2020 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 22 512 2203123 desa-di-purbalingga-siapkan-20-kamar-untuk-karantina-para-pemudik-wVelzY2RLN.jpg Rumah karantina di Purbalingga (Foto : KR Jogja)

PURBALINGGA – Di tengah pendemi corona atau covid-19, pemerintah terus mengimbau pada seluruh masyarakat agar tidak mudik guna mencegah penyebaran virus tersebut. Namun, beberapa warga ada tidak mengindahkan imbauan tersebut dengan tetap pulang ke kampung halamannya.

Karena itu, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Desa Pekiringan Kecamatan Karangmoncol Purbalingga memodifikasi dua rumah menjadi tempat karantina yang disiapkan khusus bagi pemudik. Masing-masing rumah dinas kades dan satu lagi rumah milik warga yang tengah merantau.

“Masing-masing rumah disekat menjadi 10 kamar. Jadi ada 20 kamar tersedia untuk ruang isolasi pemudik,” tutur Kades Pekiringan Adi Kusumantoro, saat menerima kunjungan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Selasa 21 April 2020.

Dengan bahan tripleks, rumah-rumah disekat menjadi kamar berukuran 2X3 meter. Setiap kamar akan dilengkapi dengan tempat tidur, lengkap dengan kasurnya.

“Tempat tidur dan kasur itu sumbangan warga desa Pekiringan,” ujarnya sembari menambahkan, di setiap tempat karantina itu sudah tersedia sarana mandi cuci dan kakus (MCK).

Bupati Tiwi yang didampingi Camat Karanmoncol Juli Atmadi menyebutkan, pembuatan tempat karantina khusus pemudik itu merupakan instruksi Gubernur Jateng untuk memutus penyebaran virus Corona.

Baca Juga : 16 Imam dan Marbot Masjid di Balikpapan Diberhentikan Imbas Corona

Kendati sudah ada himbauan yang ditingkatkan menjadi larangan mudik oleh pemerintah pusat, tidak ada jaminan arus mudik bisa dihentikan.

”Jadi tempat karantina khusus pemudik ini sebagai langkah antisipasi, sebagai bagian dari upaya membendung penyebaran virus Corona,” ujar Tiwi.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini