Masih Ada Pemudik Motor Diizinkan Nyeberang ke Sumatera karena Faktor Kemanusiaan

Muhammad Rosyadi, Okezone · Selasa 28 April 2020 22:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 340 2206288 masih-ada-pemudik-motor-diizinkan-nyeberang-ke-sumatera-karena-faktor-kemanusiaan-gvaTNvmNWZ.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone.com)

SERANG - Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menegaskan Pelabuhan Merak tidak melayani penumpang pejalan kaki maupun di dalam kendaraan yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera.

Namun, dini hari tadi masih ada penumpang yang diperbolehkan menyeberang lantaran melihat kondisi keselamtan dan keamanan.

"Tadi sudah sampaikan lagi dengan Pak Kapolda (Banten) dan Pak Wakapolda dan saya langsung komunikasi dengan Bu Ira (Dirut ASDP). Bahwa sesuai dengan petunjuk Pak Menhub BKS. Jadi, memang fleksibilitas (larangan) di lapangan (Pelabuhan Merak) sangat tergantung dengan diskresi kepolisian," ujar Budi di Mapolda Banten, Selasa (28/4/2020).

Dijelaskan Budi, masyarakat yang diizinkan menyeberang di Pelabuhan Merak yakni masyarakat yang melakukan aktivitas bisnis. Namun, tetap harus melewati cek poin baru diizinkan melanjutkan perjalanan.

"Yang seperti apa? kayak Bekasi dengan Karawang, itu kan jaraknya cukup pendek, ada cek poin di sana, banyak orang Bekasi kerja di Karawang. Banyak orang Karawang kerja di Bekasi, nah seperti itulah orang yang diizinkan dan bisa lolos dari cek poin. Namun, itu semua harus ada diskresi dari kepolisian.

Terpisah, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan bahwa pada dini hari tadi pihak kepolisian setelah berkoordinasi dengan ASDP, TNI, Satpol PP dan stakeholder lainnya dengan mempertimbangkan sejumlah hal mengizinkan sejumlah pengendara motor untuk menyeberang dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheuni.

Ilustrasi

"Jam dua dini hari pengendara yang akan menyeberang kondisinya sudah kelelahan, berasal dari sejumlah daerah di Jakarta, Bogor dan juga kondisi hujan. Demi rasa kemanusaian dan keamanan dengan sangat terpaksa untuk para pengendara motor itu bisa menyeberang," kata Edy.

Edy berharap, seluruh elemen masyarakat dapat bekerjasama dalam mendukung kebijakan pemerintah tentang larangan mudik, hal tersebut bertujuan untuk menjaga keselamatan warga dan keluarga di kampung halaman

"Mari sayangi keluarga anda, jangan bawa potensi virus ke kampung halaman dan lebih baik untuk tetap di rumah," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini