Demonstrasi di Lebanon, Massa yang Kelaparan Bakar Bank-Bank di Tripoli

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 29 April 2020 08:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 29 18 2206473 demonstrasi-di-lebanon-massa-yang-kelaparan-bakar-bank-bank-di-tripoli-BVg9ApHU4u.jpg Bank yang terbakar di Tripoli, Lebanon, 28 April 2020. (Foto: Reuters)

TRIPOLI – Pemerintah Lebanon menurunkan tentara ke Tripoli menyusul demonstrasi yang terjadi di kota terbesar kedua negara itu pada Selasa, 28 April 2020. Demonstrasi yang pecah sejak sepekan terkahir itu dipicu masalah ekonomi yang memburuk akibat pandemi global virus corona (COVID-19).

Massa membakar bank-bank di Tripoli, yang telah menjadi sasaran para pengunjuk rasa yang frustrasi dengan inflasi yang meningkat cepat dan serangkaian kontrol modal yang membuat mereka sulit atau tidak mungkin mengakses dana dalam sistem perbankan.

Berdasarkan laporan di media sosial, sebagian besar bank di kota itu telah dibakar dalam 24 jam terakhir.

Ketika kondisi ekonomi terus memburuk di seluruh negeri dan rasa lapar tumbuh di sejumlah kalangan tertentu, para demonstran telah melakukan protes selama seminggu terakhir di Tripoli, di mana lebih dari setengah populasi jatuh di bawah garis kemiskinan pada akhir 2019.

"Ini (penyebabnya) situasi ekonomi," kata seorang wanita di Tripoli yang menolak disebutkan namanya sebagaimana dikutip Al Arabiya. “Meskipun ada (pandemi) corona, orang-orang lapar. Mereka tidak tahan lagi."

Tripoli, kota terbesar kedua di Lebanon, adalah salah satu daerah termiskin di negara itu dengan tingkat kemiskinan pada akhir 2019 sekitar 50 persen. Kota itu adalah titik fokus untuk protes anti-pemerintah yang dimulai pada Oktober tahun lalu, didorong oleh kemarahan yang meluas pada inefisiensi pemerintah, korupsi, dan ekonomi yang memburuk.

Protes itu sempat mereda pada awal tahun ini, tetapi kondisi ekonomi yang memburuk di tengah perang melawan pandemi Covid-19, kembali memicu demonstrasi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini