Sempat Lepas ke Kebun Warga, Kondisi 2 Beruang Madu Sudah Normal

Kuntadi, Koran SI · Kamis 30 April 2020 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 30 510 2207282 sempat-lepas-ke-kebun-warga-kondisi-2-beruang-madu-sudah-normal-uf8CCi1aKk.jpg Beruang madu sempat lepas sudah dikandangkan kembali. (Kuntadi)

KULONPROGO – Kondisi dua beruang madu (sun bear) yang sempat lepas dari kandangnya di Wild Rescue Center (WRC), Kulonprogo, sudah kembali normal. Kedua binatang ini sudah mau makan dan tidak begitu stres.

Dokter Hewan WRC, Guntur Jaya Wisnu Wardhana mengatakan, secara umum kondisi kedua beruang sudah kembali normal. Mereka sudah mau makan dan berjalan di dalam kandang. Dari pemeriksaan luar tidak ada luka di tubuhnya. Hanya memar kecil di kakinya, tapi sudah kembali normal.

“Kalau kondisi sudah normal, tadi pagi juga sudah mau makan,” ujar Guntur, di WRC, Kulonprogo, Kamis (30/4/2020).

Kedua beruang ini sempat lepas pada Rabu (29/4/2020) sekira pukul 17.00 WIB. Beruang betina langsung ditangkap dengan jaring beberapa menit kemudian. Sementara yang jantan baru bisa ditangkap sekitar pukul 22.00 WIB, setelah masuk di perkebunan warga. Beruang ini harus dilumpuhkan dengan bius saat ditangkap.

Selanjutnya beruang ini dimasukkan ke dalam kandangnya. Sekitar pukul 23.55 WIB sudah siuman dan mau berjalan. Hingga pagi tadi, kondisinya sudah membaik seperti sebelum lepas.

Sesuai prosedur yang ada, pascasiuman beruang ini tidak diberi makanan dan minum. Baru setelah normal, pukul 10.00 WIB diberikan buah-buahan. Dalam dua bulan ke depan, porsi makan beruang ini akan ditambah untuk menghilangkan stres yang muncul.

“Semalam banyak orang dan lampu yang membuatnya stres. Kita akan beri makan lebih banyak untuk mengembalikan,” ujarnya.

Baca Juga : 2 Ekor Beruang Madu di WRC Jogja Lepas, Ditangkap Setelah Ditembak Bius

Sementara itu, Pengelola WRC, Tarko Sudiarno akan melakukan evaluasi. Kejadian ini murni keteledoran petugas, seperti kasus kecelakaan. Untuk itulah akan ada evaluasi terhadap prosedur dan penanganan.

“Pasti kita evaluasi, ini keteledoran petugas kami,” ujarnya.

Beruang jantan ini, usia sudah 8 tahun dan menjalani karantina lebih dari tiga tahun. Beruang ini sudah ideal dilepaskan ke habitat alaminya. Sedangkan yang betina baru lima tahun. Naluri alamiahnya masih harus d

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini