Puluhan Rumah di Mentawai Rusak Dihantam Gelombang Laut

Rus Akbar, Okezone · Jum'at 08 Mei 2020 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 08 340 2210970 puluhan-rumah-di-mentawai-rusak-dihantam-gelombang-laut-NcUIFUePce.jpg Gelombang laut menerjang permukiman warga di Desa Tuapeijat, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. (Foto: Rus Akbar/Okezone)

MENTAWAI – Sebanyak 31 rumah warga di Desa Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, rusak akibat dihantam gelombang laut sejak pukul 04.00 WIB subuh tadi. Warga yang terdampak terpaksa mengungsi ke rumah tetangga yang tidak kena gelombang.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai Amir Ahmri mengatakan lokasi yang terkena hantaman gelombang laut tersebut di Dusun Camp dan Kampung, Desa Tuapeijat, Sipora Utara, Kepulauan Mentawai.

Baca juga: Puluhan Rumah Nelayan di Jambi Terancam Abrasi 

Gelombang laut menghantam rumah warga di Desa Tuapeijat Mentawai. (Foto: Rus Akbar/Okezone)

"Itu akibat dari gelombang besar serta angin kencang yang terjadi dari malam sampai pagi mengakibatkan beberapa unit rumah masyarakat mengalami kerusakan," katanya, Jumat (8/5/2020).

Selain rumah warga, ada juga 9 sampan yang dipakai melaut mengalami kerusakan. Beberapa warga yang terkena dampaknya segera melakukan evakuasi barang-barang ke tempat yang lebih aman.

"Kejadian sudah sejak pagi pas sahur, dan ini sebenarnya sudah sering terjadi," kata warga setempat bernama Jon Duha.

Baca juga: Ini Sebaran Wilayah di Jakarta yang Berpotensi Terdampak Banjir Rob 

Gelombang laut menghantam rumah warga di Desa Tuapeijat Mentawai. (Foto: Rus Akbar/Okezone)

Empasan air laut sebagian masuk ke permukiman warga. Bahkan badan jalan di Dusun Kampung ditutupi pasir laut yang naik karena besarnya terjangan ombak.

Personel BPBD Kabupaten Mentawai sudah turun ke lokasi memantau dan mengimbau warga untuk mengevakuasi barang berharga dari rumah yang terkena dampak terjangan gelombang tinggi. Kemudian mendata kerusakan yang terjadi.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini