Kasus COVID-19 Rusia Bertambah 11.656 dalam Sehari, Putin Umumkan Pelonggaran Lockdown

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 12 Mei 2020 09:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 18 2212695 kasus-covid-19-rusia-bertambah-11-656-dalam-sehari-putin-umumkan-pelonggaran-lockdown-wOkXPNIScL.jpg Foto: Reuters.

MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin mengumumkan pelonggaran langkah-langkah penguncian (lockdown) virus corona secara bertahap. Kebijakan itu diumumkan meski ada lonjakan baru infeksi yang membuat angka Covid-19 melewati Italia, menjadikannya yang tertinggi keempat di dunia.

Dalam pidato yang disiarkan di televisi, Putin mengatakan bahwa mulai Selasa (12/5/2020) dia akan mulai mencabut pembatasan yang memaksa banyak orang untuk bekerja dari rumah dan membuat bisnis tutup untuk sementara waktu.

Lockdown yang diterapkan telah memberi dampak besar bagi perekonomian Rusia dan menyebabkan angka pengangguran meningkat dua kali lipat menjadi 1,4 juta.

Putin menekankan pencabutan pembatasan akan dilakukan secara bertahap dan bahwa masing-masing wilayah Rusia perlu menyesuaikan pendekatan mereka dengan berbagai kondisi lokal. Moskow misalnya mengatakan akan mempertahankan lockdown-nya hingga 31 Mei.

“Semua tindakan (terkait dengan virus corona) yang telah kami ambil memungkinkan kami untuk pindah ke langkah berikutnya dalam memerangi epidemi dan memulai pencabutan pembatasan pembatasan secara bertahap,” kata Putin sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (12/5/2020).

Dia menambahkan bahwa praktik itu perlu dilakukan dengan hati-hati dan sepenuhnya mematuhi standar keselamatan baru yang lebih tinggi. Putin juga menegaskan bahwa acara publik massal masih akan dilarang dan warga Rusia berusia 65 tahun ke atas diminta untuk tetap tinggal di rumah.

“Kita tidak boleh membiarkan kerusakan, kemunduran, gelombang baru epidemi dan peningkatan komplikasi serius. Sekali lagi, tidak akan ada pencabutan pembatasan dengan cepat. Ini akan memakan waktu,” katanya.

Hal itu disampaikan setelah jumlah kasus baru dari virus corona baru di Rusia mencatat rekor kenaikan harian sebesar 11.656, membuat penghitungan resmi kasus yang dikonfirmasi menjadi 221.344. Hanya Inggris, Spanyol, dan Amerika Serikat (AS) yang mencatat lebih banyak kasus dari Rusia. Sementara total kematian akibat penyakit Covid-19 di Rusia dilaporkan telah mencapai 2009 orang.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini