5 Fakta Banjir Aceh, 2 Bocah Tewas hingga Ribuan Mengungsi

Arie Dwi Satrio, Okezone · Kamis 14 Mei 2020 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 14 340 2213860 5-fakta-banjir-bandang-aceh-2-bocah-tewas-hingga-ribuan-mengungsi-P4dDg2kFsW.jpg Banjir Bandang Aceh (Ist)

JAKARTA - Banjir melanda sejumlah Kabupaten/Kota di Aceh sejak 8 Mei 2020. Banjir menggenangi sejumlah daerah di Aceh pada 8 Mei 2020 akibat intensitas curah hujan yang sangat tinggi. Ada tujuh kecamatan yang dilanda banjir, sementara itu, 14 desa dilaporkan mengalami banjir paling parah.

Intensitas curah hujan yang tinggi secara terus-menerus membuat daerah lainnya di Aceh ikut dilanda banjir. Banjir meluas ke sejumlah daerah hingga, 13 Mei 2020. Berikut fakta-fakta singkat seputaran banjir bandang yang melanda Aceh dalam beberapa hari belakangan.

1. Dua Bocah Tewas Akibat Terseret Arus

Dua bocah dilaporkan meninggal dunia akibat terseret arus banjir di daerah Aceh Besar. Satu bocah berusia tujuh tahun tewas karena terseret arus banjir. Satunya lagi merupakan bayi tiga tahun meninggal usai terpeleset dan jatuh ke sungai.

Jenazah dua bocah tersebut telah dievakuasi oleh tim SAR. Tim SAR juga telah melakukan evakuasi terhadap warga yang sempat terjebak banjir.

2. Ribuan Jiwa Mengungsi

Ilustrasi

Sekira 2.500 warga Aceh mengungsi akibat banjir bandang yang melanda Kota dalam provinsi berjuluk Serambi Mekkah tersebut. 2.500 warga tersebut terdiri dari 10 kabupaten yang ada di Aceh.

10 kabupaten dan kota yang dilanda banjir itu yakni, Aceh Tenggara, Pidie Jaya, Aceh Besar, Aceh Selatan, Aceh Barat, Kota Banda Aceh, Aceh Singkil, Kota Subulussalam, Bireuen, dan Kota Sabang.

3. Sejumlah Rumah dan Mobil Hanyut Terseret Banjir

Ilustrasi

Sejumlah rumah di Desa Paya Tumpi Atas, Kabupaten Aceh Tengah, hanyut terbawa derasnya arus banjir bandang. Peristiwa itu terjadi pada Rabu, 13 Mei 2020. Tak hanya rumah, beberapa kendaraan roda empat (mobil) juga ikut terbawa arus banjir.

Banjir di Aceh Tengah turut memutus jalur transportasi antara Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah. Banjir di daerah tersebut akibat intensitas curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari belakangan.

4. Puluhan Hektar Perkebunan Ikut Terdampak Banjir

Ilustrasi

Puluhan hektar perkebunan di Desa Paya Tumpi, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah, turut diterjang banjir bandang pada, 13 Mei 2020. Masyarakat daerah tersebut sudah diungsikan ke daerah yang lebih aman.

Petugas sudah menerjunkan alat berat untuk membersihkan material banjir dan longsor di beberapa titik. Dapur umum juga telah didirikan untuk kebutuhan masyarakat yang mengungsi.

5. Banjir Merendam 10 Kabupaten/Kota di Aceh

Banjir bandang melanda sejumlah daerah di Aceh. Dilaporkan, ada 10 kabupaten dan kota yang dilanda banjir. 10 kabupaten dan kota itu yakni, Aceh Tenggara, Pidie Jaya, Aceh Besar, Aceh Selatan, Aceh Barat, Kota Banda Aceh, Aceh Singkil, Kota Subulussalam, Bireuen, dan Kota Sabang.

Banjir juga memutus sejumlah jalur penghubung dari kabupaten atau kota satu ke yang lainnya. Hal ini disebabkan banyaknya lumpur akibat banjir serta beberapa longsoran.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini