Berita Baik, Nenek Berusia 100 Tahun di Jatim Sembuh dari Corona

Syaiful Islam, Okezone · Sabtu 30 Mei 2020 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 30 519 2221993 berita-baik-nenek-berusia-100-tahun-di-jatim-sembuh-dari-corona-wvcNft5TsV.jpg Nenek berusia 100 tahun di Jatim sembuh dari corona. (Ist)

SURABAYA – Seorang nenek berusia 100 tahun sembuh dari virus corona (Covid-19). Ia dinyatakan sembuh setelah mendapat perawatan selama satu bulan di Rumah Sakit PHC Surabaya. Kini, nenek bernama Kamtin ini sudah pulang ke rumahnya di Dusun Gendong (perbatasan Surabaya dan Gresik).

"Ibu kami dirawat sebulan di Rumah Sakit PHC karena Covid-19. Alhamdulillah karena beliau disiplin, rajin minum vitamin dan menjalankan hidup bersih dan sehat hingga sekarang, ibu kami sehat," ucap Siti Aminah, menantu dari putra terakhir Eyang Kamtin, Sabtu (30/5/2020).

Banyak penelitian menyebutkan, kata dia, lansia berisiko saat terpapar Covid-19. Namun apa yang terjadi pada Eyang Kamtin yang berhasil sembuh dan menjadi survivor Covid-19 tertua di Indonesia menjadi optimisme tersendiri.

"Pesan dari Eyang Kamtin dalam melawan Covid-19 adalah yang penting disiplin dan biasakan untuk hidup bersih dan sehat. Itu juga yang terus kami sampaikan ke warga di sekitar kami tinggal. Yang alhamdulillah juga adalah salah satu kampung tangguh," ujar Siti Aminah.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan, berkaca pada kesembuhan Ibu Kamtin, dia berpesan akan pentingnya tingkat kedisiplinan dan pola hidup bersih sebagai faktor kesembuhan pasien Covid-19.


Baca Juga : Wali Kota Surabaya Risma Marah Besar akibat Mobil PCR Covid-19 Digeser

"Disiplin adalah vaksin paling manjur di saat vaksin Covid-19 belum ditemukan. Kedua adalah hidup bersih dan ketiga serta ikuti protokol kesehatan," ujar Khofifah.

Khofifah meminta masyarakat terus semangat. Kesembuhan Eyang Kamtin, menurutnya, sebagai pengungkit harapan kesembuhan bagi para pasien Covid-19 di seluruh Jatim.

"Pesan dari Bu Kamtin, satu disiplin, dua hidup bersih. Tambahan dari putrinya adalah mengikuti protokol kesehatan," tutur Khofifah.


Baca Juga : Khofifah Minta Masyarakat Lindungi Lansia dari Virus Corona

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini