Khofifah Akui Pusat Perbelanjaan di Surabaya Tidak Tutup saat PSBB

Achmad Fardiansyah , Okezone · Sabtu 30 Mei 2020 20:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 30 519 2222161 khofifah-akui-pusat-perbelanjaan-di-surabaya-tidak-tutup-saat-psbb-fhPfI1sDCX.jpg foto: ist

JAKARTA - Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus mata rantai virus corona (Covid-19) di Kota Surabaya telah diperpanjang hingga tahap ketiga, mulai 26 Mei sampai 8 Juni 2020. Namun, masih saja ditemukan pusat perbelanjaan yang buka saat masa PSBB di Surabaya.

Kendati demikian, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa mengklaim semua pedagang dan pembeli di pusat belanjaan sudah melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

(Baca juga: Jumlah Kasus Meningkat Tajam, Ini Cara Khofifah Putus Mata Rantai Covid-19)

"Pada dasarnya pusat perbelanjaan di Surabaya tidak pernah ditutup saat PSBB," katanya dalam dialog special report Inews TV, Sabtu (30/5/2020).

Jadi kata dia, pada saat pemerintah akan membuka kembali pusat perbelanjaan di beberapa daerah, pihaknya tinggal melakukan koordinasi dengan TNI/Polri yang dilibatkan untuk membantu mendisiplinkan masyarakat saat masa new normal.

"Kita juga sedang melakukan koordinasi dengan pak pangdam dan dengan pak kapolda. Kita pasti ingin menyiapkan new normal dengan penerapan protokol kesehatan," ungkapnya.

Hanya saja, sebelum mempersiapkan kebijakan new normal harus memenuhi enam point sebagai syarat penerapan. Salah satunya adalah harus bisa membuktikan bahwa daerah tersebut bisa mengendalikan penurunan kasus Covid-19.

"Kemudian harus dipastikan bahwa masyarakat itu berpartisipasi aktif (dalam menghadapi wabah)," tutupnya.

 

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini