Iran Bebaskan Veteran Angkatan Laut AS

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 05 Juni 2020 09:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 05 18 2224863 iran-bebaskan-veteran-angkatan-laut-as-bdxAncDvkC.jpg Veteran AS Michael White (kiri) dan Utusan Khusus AS untuk Iran (kanan) Brian Hook. (Foto: Departemen Luar Negeri AS via Reuters)

WASHINGTON DC- Iran telah membebaskan dan memulangkan seorang veteran Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) yang ditahan di negara itu. Pembebasan itu terjadi beberapa hari setelah seorang pengadilan AS membebaskan seorang ilmuwan Iran dari dakwaan dalam kasus rahasia dagang federal.

Michael White dijatuhi hukuman penjara tahun lalu atas tuduhan yang tidak ditentukan. Pada Maret, dia sempat dibebaskan sementara dengan alasan medis ke kedutaan Swiss.

White ditangkap pada 2018 setelah melakukan perjalanan untuk bertemu dengan kekasihnya di kota Mashhad, Iran.

Pembebasannya terjadi di saat menteri luar negeri Iran mengumumkan kembalinya seorang dokter Iran dari AS.

Para pejabat AS belum mengonfirmasi pembebasan dokter Majid Taheri, tetapi seorang ilmuwan Iran yang ditahan di AS telah dideportasi ke Iran pada awal pekan ini.

Sirous Asgari, seorang profesor ilmu material dari Teheran, pada 2016 dituduh mencoba perdagangan penelitian rahasia dari sebuah universitas Amerika. Namun Asgari dibebaskan pada November.

Pembebasan White dan Asgari menjadi contoh langka dari kerja sama antara Iran dan AS, meskipun Washington sejauh ini telah membantah bahwa pembebasan itu adalah pertukaran tahanan langsung.

Presiden AS Donald Trump pada Kamis (4/6/2020) mengonfirmasikan bahwa White telah dibebaskan dan pesawat Swiss yang ia tumpangi telah meninggalkan wilayah udara Iran.

"Saya tidak akan pernah berhenti bekerja untuk menjamin pembebasan semua warga Amerika yang disandera di luar negeri," katanya sebagaimana dilansir BBC.

"Selama 683 hari terakhir anak saya, Michael, telah disandera di Iran oleh IRGC (Pasukan Garda Revolusi Islam Iran) dan saya telah hidup dalam mimpi buruk," kata ibu White dalam sebuah pernyataan. "Saya diberkati mengumumkan bahwa mimpi buruk itu sudah berakhir, dan putra saya aman dalam perjalanan pulang."

Keluarga White dan Presiden Trump berterima kasih kepada Swiss atas bantuannya.

Pria 48 tahun itu adalah satu dari setidaknya enam warga AS yang dipenjara di Iran atau dengan jaminan.

Pada Desember 2019, AS dan Iran melakukan pertukaran tahanan dalam tanda kerja sama yang langka. Peneliti China-Amerika Xiyue Wang dan ilmuwan Iran Massoud Soleimani dibebaskan dalam pertukaran tahanan itu.

Hubungan antara kedua negara semakin bermusuhan sejak AS meninggalkan perjanjian nuklir Iran pada 2018.

Tetapi ketegangan meningkat lebih lanjut tahun ini ketika AS membunuh komandan tinggi Iran Jenderal Qasem Soleimani dalam serangan pesawat tak berawak di Irak pada Januari. Iran membalas dengan meluncurkan rudal balistik di pangkalan militer Irak yang menampung pasukan AS.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini