Share

Stok Darah di PMI Medan Merosot hingga 80 Persen Akibat Pandemi Covid-19

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Senin 08 Juni 2020 19:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 08 340 2226475 stok-darah-di-pmi-medan-merosot-hingga-80-persen-akibat-pandemi-covid-19-XUjvuYvJPg.jpg Donor darah di Medan. Foto: PMI Medan

MEDAN – Palang Merah Indonesia (PMI) Medan kesulitan mendapatkan donor darah selama Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Akibatnya, stok berkurang sangat signifikan.

Ketua PMI Kota Medan Musa Rajekshah mengatakan, penurunan stok darah di markas PMI Medan mencapai 80 persen. Jika biasanya stok darah bisa mencapai 1.000 kantong, saat ini hanya 174 kantong saja.

Ijek, sapaan akrab Musa Rajekshah, mengatakan pihaknya dapat memaklumi sikap masyarakat yang enggan mendonorkan darahnya saat pandemi ini. Terlebih karena adanya kekhawatiran tertular Covid-19.

“Selama pandemi masyarakat berkurang keinginan dan minatnya untuk mendonorkan darah mereka. Akibatnya stok kita terganggu. Posisi 7 Juni hanya 174 kantong. Padahal normalnya bisa mencapai 1.000 kantong,” ujar Musa yang juga menjabat Wakil Gubernur Sumatera Utara, Senin (8/6/2020).

Meski begitu, Ijek menuturkan pihaknya akan terus berupaya mencari sumber-sumber darah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Sumatera Utara, di Medan pada khususnya.

Baca Juga: Doni Monardo Minta Warga Sembuh dari Corona Donor Plasma Darah 

“PMI akan datang langsung ke tempat-tempat donor agar tidak terjadi keramaian dan kerumunan massa. Karena kita tetap harus menerapkan prokol kesehatan pencegahan Covid-19,” tandasnya.

Ijek mengimbau agar masyarakat tidak ragu mendonorkan darah dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. "Wajar ada kekhawatiran mendonorkan darah, tetapi jangan kita sampai apatis, ketakutan berkepanjangan. Ingat, ini adalah amal kita dan membuat kita sehat. Dan buat yang takut karena Covid-19, alat yang digunakan itu semua steril dan sesuai protokol kesehatan yang berlaku saat ini," tegas Ijek.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini