Prancis Umumkan "Kemenangan Pertama", Cabut Pembatasan Covid-19

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 15 Juni 2020 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 18 2230132 prancis-umumkan-kemenangan-pertama-cabut-pembatasan-covid-19-AewwOWrpOg.jpg Presiden Prancis Emmanuel Macron. (Foto: Reuters)

PARIS - Presiden Emmanuel Macron mengumumkan Prancis akan mencabut sejumlah pembatasan virus corona (Covid-19) setelah menyatakan negara itu meriah “kemenangan pertama” dalam perangnya melawan pandemi virus corona.

Mulai Senin (15/6/2020), kafe dan restoran dapat dibuka di Prancis dan perjalanan ke negara-negara Eropa lainnya akan diizinkan. Orang-orang juga akan dapat mengunjungi anggota keluarga di rumah-rumah jompo yang sangat terpukul oleh wabah Covid-19.

Pencabutan pembatasan itu terjadi di saat sejumlah negara lain di Eropa membuka kembali perbatasan mereka antara negara-negara Uni Eropa (UE) pada Senin.

Dalam pidato yang disiarkan televisi, Macron mengatakan Prancis telah memperoleh "kemenangan pertamanya", tetapi memperingatkan virus itu masih bisa kembali.

"Mulai besok kita akan dapat membalik halaman pada bab pertama ini di seluruh wilayah kita," katanya sebagaimana dilansir BBC.

Restoran, hotel, dan kafe diizinkan untuk dibuka kembali di banyak bagian Prancis awal bulan ini - asalkan aturan penjarakan sosial ditaati. Macron mengonfirmasi bahwa mulai Senin izin untuk membuka kembali tempat-tempat itu juga akan terjadi di wilayah Paris, yang mencatat jumlah kasus tertinggi di negara ini.

Dia juga mengatakan bahwa sekolah akan dibuka kembali mulai 22 Juni - kecuali sekolah menengah.

"Ini tidak berarti bahwa virus telah hilang dan kita dapat benar-benar lengah. Musim panas tahun 2020 akan menjadi musim panas tidak seperti yang lain dan kita perlu melihat evolusi epidemi untuk bersiap kalau-kalau (wabah) kembali dengan kekuatan baru," tambahnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini