Cerita Khofifah Bujuk Warga yang Menolak Ikut Tes Covid-19

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 15 Juni 2020 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 519 2230545 cerita-khofifah-bujuk-warga-yang-menolak-ikut-tes-covid-19-CCDK70k6Ep.jpg Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (tengah). Foto: iNews

JAKARTA - Sejumlah kisah unik terjadi selama masa pandemi virus corona (Covid-19). Misalnya saja ada sebagian warga yang menolak ikut rapid test atau swab test karena takut melihat hasilnya.

Kondisi seperti itu memaksa pejabat daerah memutar otak supaya mereka mau mengikuti tes tersebut. Pasalnya, tes secara massif harus dilakukan demi meminimalisir penyebaran Covid-19.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menceritakan, dirinya pernah menjumpai warga yang menolak ikut rapid test dan swab test. Padahal di sana terdapat seratusan lebih warga.

"Besoknya tim dari Polrestabes Surabaya datang (mengajak tes) lalu mereka (warga) menolak," ucap Khofifah dalam program Okezone Stories pada Senin (15/6/2020).

Setelah itu, pejabat tersebut mengontak Khofifah terkait pengadaan sembako untuk warga yang menolak ikut rapid test dan swab test. Khofifah pun menyetujuinya demi membujuk mereka.

Baca Juga: Gubernur Khofifah Maksimalkan APIP Kawal Anggaran Penanganan Covid-19 

Setelah sembako tersedia, petugas melalui pengeras suara memberikan pengumuman bahwa warga yang ikut tes Covid-19 akan mendapatkan bantuan itu. Alhasil, warga yang tadinya menolak jadi mengurungkan niatnya.

"Diumumkanlah di situ pakai pengeras (suara), siapa yang mau rapid test kita kasih sembako. Ada yang memang memiliki kecepatan dan kecermatan menangkap suasana sosial yang berkembang. Akhirnya ramai (yang ikut) dari 115 (orang) jadi 125," pungkasnya.

 

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini