1.629 Pasien Covid-19 di Surabaya Sembuh, Apa Resepnya?

Aan haryono, Koran SI · Senin 22 Juni 2020 21:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 22 519 2234564 1-629-pasien-covid-19-di-surabaya-sembuh-apa-resepnya-iWMHgLcCVz.jpeg Para pasien Covid-19 di Surabaya diberikan terapi bahagia untuk mempercepat penyembuhan selama dirawat inap maupun isolasi mandiri. (Ist)

SURABAYA – Berbagai rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Surabaya, Jawa Timur terus bekerja maksimal demi menyembuhkan pasien virus corona. Tercatat hingga Senin (22/6/2020) malam, jumlah pasien sembuh Covid-19 di Surabaya mencapai 1.629 orang.

Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Febria Rachmanita menuturkan, pasien yang dinyatakan sembuh pada hari ini berjumlah 34 orang. Mereka terdiri atas rawat inap rumah sakit dan rawat jalan dengan cara isolasi mandiri.

"Rinciannya yakni pasien rawat jalan 23 orang, sedangkan 11 orang lainnya adalah pasien rawat inap rumah sakit,” kata Feny, panggilan akrabnya ketika ditemui di Balai Kota Surabaya, Senin (22/6/2020).

Ia melanjutkan, dari 11 pasien rawat inap rumah sakit itu terdiri atas Rumah Sakit Menur, RS Siloam, RS PHC, RS Husada Utama dan RS Unair. “Kalau pasien yang dirawat inap rumah sakit itu mereka dengan gejala. Misalnya sesak napas,” katanya.

Kepala Dinkes Kota Surabaya ini menambahkan, selain menerapkan pola hidup yang sehat dan disiplin dengan protokol, kunci kesembuhan lainnya adalah pasien ‘harus bahagia’. Karena jika pasien merasa bahagia, imun tubuh meningkat dan bersamaan itu pula kondisinya akan segera pulih.

“Kalau bahagia sembuhnya cepat. itu tidak hanya berlaku pada Covid-19 ya,” ujarnya.

Feny mencontohkan, seperti yang dialami orang tanpa gejala (OTG) yang menjalani isolasi di Hotel Asrama Haji adalah pasien terkonfirmasi Covid-19. Namun, imun pada tubuhnya bagus sehingga pasien bisa lekas sembuh.


Baca Juga : Doni Monardo Restui Pembukaan Pariwisata Bersyarat di Tengah Pandemi Corona

“Kesembuhan yang cepat itu karena memang mereka OTG, imun mereka cepat,” ucapnya.

Salah satunya adalah kesembuhan pasien di Hotel Asrama Haji pada Minggu (21/6/2020) kemarin, berjumlah 14 orang. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan kesembuhan pasien rawat inap rumah sakit dan rawat jalan isolasi mandiri.

“Dari jumlah 36 kesembuhan (kemarin) paling banyak mereka dari Hotel Asrama Haji,” katanya.

Baca Juga :  Bertambah 60, Kasus Positif Covid-19 di Sumsel Capai 1.839

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini