Polisi Tangkap Pelaku Perdagangan Anak Bermodus Tawarkan Pekerjaan

Muhammad Rosyadi, Okezone · Kamis 25 Juni 2020 23:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 340 2236556 polisi-tangkap-pelaku-perdagangan-anak-bermodus-tawarkan-pekerjaan-B7B4pgPtQj.jpg Ilustrasi. (Foto : Shutterstock)

SERANG – Satuan Reserse Kriminal Polres Serang membekuk AK (30) terkait kasus perdagangan anak di bawah umur untuk dipekerjakan sebagai wanita penghibur di Jakarta.

Informasi yang diperoleh, awalnya pada 2 Juni 2020, korban yang masih berumur 15 asal Ciruas, Kabupaten Serang, Banten, membuat status di akun Facebook sedang membutuhkan pekerjaan.

Gayung pun bersambut, pelaku AK menawarkan pekerjaan kepada korban untuk menjadi penjaga toko di wilayah Cipondoh, Tangerang. Dengan adanya tawaran tersebut, korban tertarik untuk ikut bersama pelaku.

Bukannya diajak ke toko baju, pelaku justru membawa korban ke sebuah hotel di wilayah Jakarta Utara. Pelaku sempat tiga kali mencabuli korban dengan alasan akan diajari cara kerjanya dan akan menghasilkan uang banyak.

Setelah puas, pelaku membawa korban kepada muncikari untuk dipekerjakan sebagai wanita penghibur para pria hidung belang selama satu minggu sejak 2 hingga 9 Juni.

Pelaku menawarkan paket tarif berkisar dari Rp200 sampai Rp500 ribu tergantung durasi. Pelaku setiap pagi hari selalu mengambil uang hasil dari korban melayani pria. Korban hanya diberi uang Rp50-200 ribu.

Tak kuat, korban pun kabur untuk pulang ke rumah orangtuanya. Saat pulang korban menceritakan kejadian tersebut. Tak terima, korban kemudian melaporkan kasus perrdagangan anak di bawah umur ke Unit PPA Polres Serang.

Kapolres Serang AKBP Mariyono mengatakan, pelaku sudah diamankan pada Jumat 19 Juni 2020 di daerah Jakarta Utara tanpa ada perlawanan dan akan dijerat pasal 332 ayat (1) dan ke-2 KUHP.

"Motif pelaku ini ingin mendapatkan keuntungan dari hasil menjajakan korban kepada pria hidung belang," ujar Kapolres dikutip dari keterangan resminya, Kamis (25/6/2020)

Ia menjelaskan, pelaku awalnya membujuk korban dan mengiming-imingin korban pekerjaan dengan gaji besar sebagai penjaga toko. Namun, oleh pelaku korban dicabuli dan dijual. "Sudah kita tahan dan sudah ditetapkan sebagai tersangka dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara," tuturnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini