PBB dan Liga Arab Serukan Israel Batalkan Rencana Aneksasi Tepi Barat

Agregasi VOA, · Jum'at 26 Juni 2020 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 26 18 2236693 pbb-dan-liga-arab-serukan-israel-batalkan-rencana-aneksasi-tepi-barat-mWHo2ajiFe.jpg Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres. (Foto: Reuters)

PERSERIKATAN Bangsa Bangsa (PBB) dan Liga Arab, pada Rabu (24/6/2020) mengumumkan seruan bersama untuk mendorong Israel membatalkan rencana aneksasi bagian-bagian Tepi Barat yang diduduki. Seruan itu disampaikan dalam konferensi video Dewan Keamanan PBB yang disampaikan beberapa menteri pemerintah.

Konferensi itu adalah pertemuan internasional terakhir sebelum Israel memulai rencana aneksasinya, paling cepat pada 1 Juli.

"Saya meminta pemerintah Israel agar membatalkan rencana aneksasinya," kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres sebagaimana dilansir VOA.

Ia menegaskan kembali tujuan jangka panjang solusi dua negara dengan negara Palestina yang merdeka, berdampingan, berdaulat dan bermartabat, dengan Yerusalem sebagai ibu kota kedua negara.

Sementara Sekjen Liga Arab Ahmed Aboul Gheit mengatakan aneksasi itu "akan menghancurkan prospek perdamaian di masa depan."

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini