Lazarus Chakwera Terpilih Sebagai Presiden Baru Malawi

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 29 Juni 2020 08:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 18 2237954 lazarus-chakwera-terpilih-sebagai-presiden-baru-malawi-DdyzmR2zW1.jpg Lazarus Chakwera. (Foto: Jacob Nankhonya)

LILONGWE - Lazarus Chakwera terpilih sebagai presiden baru Malawi setelah memenangi pemilihan ulang atas petahana Peter Mutharika. Chakwera meraih 58,57% suara dalam pemilihan yang digelar pada Selasa (23/6/2020).

“Kemenangan saya adalah kemenangan bagi demokrasi dan keadilan. Hati saya penuh dengan kegembiraan,” kata Chakwera sebagaimana setelah kemenangannya sebagaimana dilansir Reuters.

Pada Februari, pengadilan konstitusi Malawi membatalkan kemenangan pemilihan Mutharika pada Mei 2019, dengan alasan perusakan suara.

Dengan hasil pemilihan baru itu, Mutharika yang berkuasa sejak 2014 sekarang harus menentang hasil pemilihan di pengadilan atau mundur. Pemungutan suara dianggap oleh para analis sebagai ujian kemampuan pengadilan Afrika untuk mengatasi kecurangan surat suara dan mengendalikan kekuasaan presiden.

Malawi terpecah belah menjelang pemilihan pekan ini. Tetapi Chakwera mengatakan mereka yang tidak mendukungnya tidak perlu takut.

"Tidak ada alasan untuk takut karena saya akan menjadi presiden Anda dan kebijakan saya untuk inklusif berarti kami sedang membangun Malawi baru untuk kita semua," kata Chakwera kepada BBC.

"Saya bukan presiden sebuah faksi, saya seorang presiden dari semua orang di negara ini," tambahnya.

Chakwera menolak tuduhan oleh Mutharika bahwa pemilihan itu dinodai oleh kekerasan dan penyimpangan, mengatakan pendahulunya "disesatkan oleh rumor". Namun, dia mengatakan dia tidak akan menghalangi Mutharika jika dia ingin menantang hasil pemilihan.

(dka)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini