Gerombolan Belalang Serbu Ibu Kota India, Penduduk Diminta Waspada

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 29 Juni 2020 13:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 29 18 2238121 gerombolan-belalang-serbu-ibu-kota-india-penduduk-diminta-waspada-Lysc9FTamK.jpg Foto: AFP.

NEW DELHI - Beberapa bagian dari Ibu Kota India, Delhi, telah disiagakan setelah segerombolan belalang menyerbu daerah pinggiran kota. Menurut laporan media, ini adalah pertama kalinya bagian Gurgaon melihat invasi belalang.

Rekaman di media sosial menunjukkan puluhan ribu serangga terbang di atas bangunan dan mendarat di atap.

Dilaporkan BBC, India mengalami invasi belalang terburuk dalam beberapa dekade. Kawanan, yang berasal dari wilayah Tanduk Afrika itu, telah melahap tanaman di beberapa negara.

Pada Sabtu (27/6/2020), Menteri Lingkungan Delhi Gopal Rai meminta otoritas distrik di selatan dan barat kota untuk tetap waspada, demikian dilaporkan Times India.

Penduduk di Gurgaon diminta untuk membuat suara keras dengan panci dan wajan atau drum untuk mengusir belalang.

Kantor berita ANI melaporkan bahwa para pilot yang terbang masuk dan keluar dari bandara internasional Delhi, yang berbatasan dengan Gurgaon, telah diberitahu untuk berhati-hati.

Pejabat kementerian pertanian KL Gurjar mengatakan gerombolan itu tampaknya menuju ke kota Palwal, selatan Delhi.

"Kawanan bergerak dari barat ke timur. Mereka memasuki Gurugram sekitar pukul 11.30 pagi," kata Gurjar kepada kantor berita PTI, menggunakan nama lain dari Gurgaon.

Jika tidak dikendalikan, belalang padang pasir menghancurkan persediaan makanan dan dapat menyebabkan kelaparan.

Menurut PBB, wabah belalang saat ini dapat ditelusuri kembali ke musim topan 2018-19 yang membawa hujan lebat ke Semenanjung Arab. Musim topan itu memungkinkan setidaknya tiga generasi "perkembangbiakan yang belum pernah terjadi sebelumnya" yang tidak terdeteksi.

Kawanan belalang itu telah menyebar ke Afrika Timur, Timur Tengah dan Asia Selatan.

(dka)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini