Kasus Dangdutan Rhoma Irama di Acara Khitanan, Ridwan Kamil: Jangan Ditiru

Tim Okezone, Okezone · Rabu 01 Juli 2020 12:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 07 01 525 2239366 kasus-dangdutan-rhoma-irama-di-acara-khitanan-ridwan-kamil-jangan-ditiru-3DFgK2f4U6.jpg Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto: iNews

BANDUNG –Rhoma Irama manggung dalam acara dangdutan yang diselenggerakan dalam memeriahkan khitanan di Bogor, Jawa Barat. Aksi Rhoma dalam acara itu terekam kamera dan videonya viral di media sosial pada pada Minggu 28 Juni 2020.

Video ini viral karena dangdutan tersebut melibatkan massa, padahal pemerintah sedang berupaya mencegah kerumunan guna menghindari bertambahnya warga yang terinfeksi virus corona (Covid-19).

Lalu bagaimana tanggapan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terhadap acara dangdutan tersebut? Ia mengatakan acara itu tidak untuk ditiru.

“Ini pelajaran, tolong yang lain-lain jangan mengulangi, jangan meniru. Dan harus selalu meminta izin dengan jelas terkait protokol kesehatan,” ujarnya pada Rabu (1/7/2020).

Ridwan Kamil juga mengatakan semestinya warga menghindari kerumunan. “Dalam proses AKB sudah diatur sehingga kuncinya hanya 3, hindari kerumunan, cuci tangan, dan memakai masker,” ucapnya.

Baca Juga: Rhoma Irama Sebut Manggung di Bogor Hanya Spontanitas

Ridwan Kamil menambahkan, seharusnya penyelenggara khitanan sudah bisa mencegah terjadinya kerumunan. Penyelenggara semestinya bisa memperkirakan acara musik seperti dangdutan akan membuat kerumunan massa.

“Nah kejadian di Bogor ini pelanggarannya banyak, mengumpulkan massa yang besar, desak-desakan, teriak-teriak dan sebagainya. Itu harusnya sudah diperhitungkan, yang namanya musik diluar emosi warga kan kebawa,” tuturnya.

Sebelumnya Rhoma Irama mengaku awalnya dirinya hanya ingin menghadiri undangan khitanan dari sang pemilik acara. Dia pun tak menggunakan pakaian sebagaimana yang biasa dilakukannya saat konser.

Baca Juga: Ridwan Kamil Angkat Bicara Soal Dangdutan yang Diisi Rhoma Irama di Bogor

"Saya diundang dan datang sudah ada musik-musik. Kemudian saya diminta menyampaikan tausiyah singkat untuk khitanan anaknya. Tentu saya laksanakan di atas panggung. Saya naik ke atas itu ramai pada teriak," katanya dalam program iNews Sore, Senin (29/6/2020).

(abp)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini