Video Viral Tunjukkan Mayat-mayat Korban Covid-19 di India Dibuang ke Lubang

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 02 Juli 2020 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 18 2239988 video-viral-tunjukkan-mayat-mayat-korban-covid-19-di-india-dibuang-ke-lubang-Qt24epbBUt.jpg Video yang dibagikan di media sosial memicu kemarahan publik. (Foto: BBC)

NEW DELHI - Para pejabat di Negara Bagian Karnataka, India selatan, telah meminta maaf setelah rekaman yang memperlihatkan petugas membuang mayat pasien Covid -19 memicu kemarahan publik.

Video-video yang beredar di media sosial menunjukkan para pekerja yang mengenakan alat pelindung diri (APD) melemparkan jasad yang dibungkus kantong sampah hitam ke sebuah lubang yang dalam.

Para pejabat di Distrik Bellary, Karnataka mengonfirmasi bahwa rekaman itu asli dan meminta maaf kepada keluarga.

Mayat-mayat yang dibuang para petugas adalah jasad dari delapan pasien yang meninggal karena Covid-19 di hari sebelumnya.

Karnataka telah melihat lebih dari 246 kematian karena Covid-19. Namun, mendapat pujian sebagai salah satu negara bagian yang cukup berhasil dalam melacak dan membendung penyebaran penyakit tersebut.

"Kami telah mengeluarkan surat permintaan maaf tanpa syarat kepada keluarga korban. Kami sangat terluka karena hal ini dan kami sangat menyesal. Kami mengutuk cara mayat diperlakukan. Mereka seharusnya diperlakukan lebih manusiawi," kata Pejabat Senior Distrik, SS Nakula kepada BBC Hindi.

"Mereka mengikuti semua protokol. Yang menjadi kesalahan mereka bukan bagian mengenai bagian protokol tetapi mentalitas bahwa mayat harus ditangani dengan bermartabat," tambahnya.

Dia mengatakan bahwa orang-orang dalam video itu telah dipecat, menambahkan bahwa mereka akan digantikan oleh tim baru yang akan membuang mayat "dengan sensitivitas".

Ada banyak ketakutan dan stigma seputar Covid-19 di India. Orang-orang yang terkena penyakit itu distigmatisasi dan dijauhi, sementara mayat-mayat mereka sering dibuang karena petugas kesehatan takut menyentuh mereka.

Dengan hampir 600.000 kasus yang dikonfirmasi, India memiliki jumlah infeksi Covid-19 tertinggi keempat di dunia.

(dka)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini