Kim Jong-un Puji Penanganan Covid-19 Korut Sebagai "Sukses Gemilang"

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 03 Juli 2020 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 18 2240540 kim-jong-un-puji-penanganan-covid-19-korut-sebagai-sukses-gemilang-Qb5S0oHIsP.jpg Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. (Foto: Reuters)

SEOUL - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memuji "keberhasilan gemilang" negaranya dalam berurusan dengan pandemi Covid-19, demikian dilaporkan kantor berita KCNA. Berbicara pada pertemuan politbiro, Mr Kim mengatakan negara itu "mencegah penyebaran virus ganas dan mempertahankan situasi stabil".

Korea Utara menutup perbatasannya dan mengisolasi ribuan orang enam bulan lalu ketika virus corona baru menyebar ke seluruh dunia. Negara itu mengklaim tidak memiliki infeksi virus corona, meski pun para analis mengatakan hal itu tidak mungkin.

Pada pertemuan politbiro pada Kamis (2/7/2020) Kim dikatakan telah menganalisa secara detail pekerjaan darurat nasional anti-pandemi selama enam bulan. Dia mengatakan keberhasilan dalam menangani virus "dicapai oleh kepemimpinan berpandangan jauh ke depan dari Komite Sentral Partai".

Tetapi dia menekankan pentingnya mempertahankan "kewaspadaan maksimum tanpa... relaksasi di front anti-epidemi", menambahkan bahwa virus itu masih ada di negara-negara tetangga.

"Dia berulang kali memperingatkan bahwa bantuan tergesa-gesa dari tindakan anti-epidemi akan menghasilkan krisis yang tak terbayangkan dan tidak dapat diperbaiki," kata laporan KCNA yang dilansir BBC, Jumat (3/7/2020).

Berdasarkan laporan Reuters mengutip pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 1 Juli, Korea Utara kini telah membuka kembali sekolah-sekolah, tetapi tetap melarang pertemuan publik dan mewajibkan orang mengenakan masker di tempat-tempat umum.

WHO juga melaporkan bahwa negara itu sekarang telah menguji hanya 922 orang untuk virus - semuanya dilaporkan telah dites negatif.

Korea Utara, yang memiliki perbatasan panjang dengan China, telah lama menyatakan bahwa negara itu tidak menderita satu kasus Covid-19 pun.

(dka)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini