Perdana Menteri Prancis Edouard Philippe Mengundurkan Diri, Alasannya Masih Misteri

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 03 Juli 2020 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 18 2240701 perdana-menteri-prancis-edouard-philippe-mengundurkan-diri-alasannya-masih-misteri-6oG8pCJvwV.jpg Perdana Menteri Prancis Edouard Philipe. (Foto: AFP)

PARIS – Perdana Menteri Prancis Edouard Philippe bersama pemerintahannya telah mengundurkan diri pada Jumat (3/7/2020). Philippe menyampaikan pengunduran dirinya dan seluruh pemerintahannya kepada Presiden Emmanuel Macron di Istana Elysee.

"Hari ini, Edouard Philippe mengajukan pemberitahuan pengunduran diri dari jabatan kepala pemerintahan, dan presiden menerimanya," kata Istana Elysee dalam sebuah komunike sebagaimana dilansir Sputnik.

Philippe dan anggota kabinet akan terus mengelola masalah yang tertunda hingga pemerintahan baru ditunjuk.

Sejauh ini tidak ada alasan yang diumumkan terkait pengunduran diri Philippe, tetapi langkah itu terjadi di saat Macron dikabarkan akan melakukan perombakan pemerintahan dalam beberapa hari ke depan, dalam upaya mengubah arah dalam dua tahun masa kepresidenannya yang tersisa.

Macron mengatakan bahwa hubungannya dengan Philippe "bersejarah" dan sang perdana menteri telah melakukan "pekerjaan luar biasa" sebagai pemimpin pemerintahan. Macron mengatakan akan ada "tim baru" yang akan memimpin "rekonstruksi" Prancis, tetapi tidak mengatakan siapa yang akan menjadi bagian dari itu.

Partai Gerakan Republik (RLEM) yang dipimpin Macron gagal meraih kemenangan signifikan pada putaran kedua pemilihan kota pada Minggu (29/6/2020) yang telah ditunda selama lebih dari tiga bulan karena pandemi virus corona.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini