Jean Castex Ditunjuk Sebagai Perdana Menteri Baru Prancis

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 03 Juli 2020 18:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 18 2240834 jean-castex-ditunjuk-sebagai-perdana-menteri-baru-prancis-U7xgJr5qJk.jpg Jean Castex. (Foto: AFP)

PARIS – Presiden Emmanuel Macron menunjuk Jean Castex sebagai perdana menteri baru Prancis menggantikan Edouard Philippe yang mengundurkan diri pada Jumat (3/7/2020).

Castex adalah orang yang mengoordinasi strategi pembukaan kembali Prancis dari penguncian Covid-19. Dia sebelumnya bekerja untuk Presiden Nicolas Sarkozy dan juga ditunjuk oleh Presiden Macron sebagai delegasi menteri untuk Komite Olimpiade Internasional.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Philippe menyerahkan pengunduran dirinya menyusul kabar perombakan kabinet. Perombakan pemerintahan itu merupakan upaya Macron melakukan perubahan dalam dua tahun masa kepresidenannya yang tersisa.

Macron mengatakan bahwa hubungannya dengan Philippe "bersejarah" dan sang perdana menteri telah melakukan "pekerjaan luar biasa" sebagai pemimpin pemerintahan. Dia juga mengatakan akan ada "tim baru" yang akan memimpin "rekonstruksi" Prancis, tetapi sejauh ini, selain Castex, belum diketahui siapa saja yang akan menjadi bagian dari tim tersebut.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini