Share

Qatar Negara Teraman di Dunia Pertengahan 2020, Indonesia Peringkat 76

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 15 Juli 2020 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 18 2246625 qatar-negara-teraman-di-dunia-pertengahan-2020-indonesia-di-peringkat-76-A57dLlfarE.jpg Kota Doha, Qatar. (Foto: Reuters)

QATAR dinobatkan sebagai negara paling aman di dunia menurut indeks Numbeo periode pertengahan 2020, yang melacak angka kejahatan negara-negara di dunia. Qatar sebelumnya juga meraih predikat sebagai negara teraman pada 2017 dan 2019.

‘Numbeo' adalah basis data kontribusi pengguna terbesar terkait kota dan dunia. Sebanyak 133 negara telah dimasukkan dalam peringkat tahun ini.

Menurut aturan klasifikasi laporan tersebut, negara-negara diperingkat dalam urutan terbalik, Qatar peringkat 133 dalam tingkat kejahatan dengan mendaftarkan tingkat kejahatan terendah dengan 11,90 poin dari 100.

Dalam Indeks Keamanan, Qatar menduduki peringkat pertama dengan mencetak 88,10 poin dari 100, kebalikan dari Indeks Kejahatan.

Negara dengan angka kejahatan tertinggi dipegang oleh Venezuela.

Sementara itu Indonesia berada di peringkat 58 indeks kejahatan, mencatat 45,60 poin dari 100. Sedangkan untuk indeks keamanan, Indonesia berada di peringkat ke-76 dengan 53,94 poin dari 100, jauh di bawah beberapa negara Asia Tenggara lainnya termasuk Brunei, Singapura, Thailand, dan Filipina.

Malaysia menjadi negara dengan tingkat kejahatan tertinggi di kawasan Asia Tenggara menurut indeks Numbeo.

Basis data Numbeo telah menerbitkan laporan tahunan sejak 2009, berdasarkan tingkat kejahatan di negara-negara di dunia, demikian dilaporkan Gulf Times.

Indeks kejahatan diukur sesuai dengan hukum negara, karena ada tindakan yang merupakan kejahatan di beberapa negara sementara mereka tidak dianggap kejahatan di beberapa negara lain, yang memberikan ukuran nyata tingkat kejahatan di negara sesuai dengan yang berlaku hukum.

Laporan ini juga memperhitungkan berbagai jenis kejahatan dan klasifikasinya menurut undang-undang tentang kejahatan, pelanggaran dan pelanggaran.

Indikator juga tergantung pada serangkaian standar yang terkait dengan tingkat kejahatan dan kekerasan seperti pembunuhan, terorisme, biaya kejahatan dan standar lainnya.

Basis data Numbeo adalah salah satu yang paling menonjol di dunia dalam bidang ini.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini