Waspada Karhutla, 6 Kabupaten di NTT Sudah Muncul Titik Panas

Adi Rianghepat, Okezone · Rabu 15 Juli 2020 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 340 2246794 waspada-karhutla-6-kabupaten-di-ntt-sudah-muncul-titik-panas-eSwm2QGtDq.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

KUPANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi 23 titik panas (hot spot) menyebar di 6 kabupaten Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Data tersebut adalah hasil pantauan sejak Selasa 14 Juli pukul 08.00 Wita hingga Rabu 15 Juli 2020 pukul 07.00 Wita," kata Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi di Kupang, Rabu.

Menurut dia, hasil deteksi tersebut memiliki keakuratan di atas 80 persen. "Tingkat kepercayaan data ini melampaui 80 persen," katanya.

Dia mengatakan, sebaran titik panas tersebut diperoleh dari hasil analisis pantauan Satelit Terra, Aqua, Suomi NPP dan NOAA20 oleh LAPAN. Titik panas tersebut kata dia, menyebar di 14 kecamatan pada 6 kabupaten provinsi berbasiskan kepulauan tersebut.

Sebaran tersebut, masing-masing terbanyak berada di wilayah Kabupaten Kupang dengan 6 kecamatan. Kemudian diikuti oleh Kabupaten Rote Ndao, Flores Timur dan Alor masing-masing dua kecamatan. Sisanya berada Kabupaten Sumba Timur dan Lembata masing-masing satu titik.

Untuk Kabupaten Kupang, sebaran titik panas berada di Kecamatan Kupang Tengah, Sulamu, Kecamatan Kupang Timur, Fatuleu Barat, Fatuleu dan Amfoang Timur di dekat perbatasan dengan wilayah negara Timor Leste.

Kemudian di Kabupaten Rote Ndao berada di Kecamatan Rote Timur dan Rote Barat. Kabupaten Flores Timur di Kecamatan Adonara Timur dan Solor Timur dan di Kabupaten ALor berada di Kecamatan Pembantu Pantar serta Kecamatan Alor Barat Laut.

"Sedangkan untuk Kabupaten Sumba Timur ada di Kecamatan Rindiumalulu dan Kabupaten Lembata berada di Kecamatan Buyasuri," katanya melalui rilis yang diterima Okezone.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini