Kebakaran Misterius Landa Pelabuhan Iran, Tujuh Kapal Hangus Dilalap Api

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 16 Juli 2020 12:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 18 2247256 kebakaran-misterius-landa-pelabuhan-iran-tujuh-kapal-hangus-dilalap-api-G8ucFhOqgo.jpg Foto: AFP.

TEHERAN – Sebuah kebakaran yang melanda kota pelabuhan Bushehr, Iran telah menghanguskan setidaknya tujuh kapal pada Rabu (15/7/2020). Insiden ini menjadi yang terbaru dari serangkaian kebakaran dan ledakan yang melanda sejumlah lokasi dan situs sensitif di Iran dalam beberapa pekan terakhir.

Kantor berita Tasnim melaporkan bahwa tidak ada korban dalam kejadian itu.

Foto-foto dari lokasi kejadian yang dilansir media lokal memperlihatkan gumpalan asap hitam pekat mengepul ke udara. Sementara foto lain menunjukkan pasukan pemadam kebakaran berjuang menjinakkan asap hitam yang mengepul dari sebuah galangan kapal di kota pelabuhan di selatan Teluk Persia itu, demikian diwartakan Reuters.

Sejauh ini belum diketahui apa yang menyebabkan kebakaran tersebut.

Iran telah melihat beberapa ledakan dan kebakaran di fasilitas militer, nuklir, dan industrinya sejak akhir Juni, termasuk kebakaran di fasilitas nuklir bawah tanah Natanz pada 2 Juli. Badan keamanan Iran mengklaim mengetahui apa yang menyebabkan kebakaran di Natanz, tetapi tidak mengumumkannya pada media.

Dalam sebuah artikel pada awal Juli, kantor berita IRNA membahas apa yang disebutnya kemungkinan sabotase oleh musuh-musuh seperti Israel dan Amerika Serikat (AS), meskipun tidak menuduh kedua negara itu secara langsung.

Menteri pertahanan Israel menepis dugaan itu dengan mengatakan bahwa negaranya “tidak selalu” berada di balik setiap insiden misterius di Iran.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini