Pemilik RS Bangladesh Ditangkap Setelah Terbitkan Ribuan Hasil Tes Covid-19 Palsu

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 16 Juli 2020 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 18 2247380 pemilik-rs-bangladesh-ditangkap-setelah-terbitkan-ribuan-hasil-tes-covid-19-palsu-QslfaKDEoV.jpg Foto: Okezone.

DHAKA - Seorang pemilik rumah sakit Bangladesh ditangkap pada Rabu (15/7/2020) atas tuduhan mengeluarkan ribuan hasil tes negatif virus korona palsu kepada pasien di dua kliniknya. Mohammad Shahed ditangkap polisi saat berusaha melarikan diri ke India dengan mengenakan burqa.

Penangkapan itu menandai berakhirnya pelarian sembilan hari Shahed yang mengeluarkan sertifikat palsu negatif corona kepada pasien tanpa mereka perlu menjalani pengujian. Pria berusia 42 tahun itu adalah satu dari lebih dari selusin orang yang ditahan oleh pihak berwenang selama beberapa hari terakhir sehubungan dengan penipuan tersebut.

BACA JUGA: 251 Dokter di Bangladesh Positif Virus Corona, Masyarakat Sembunyikan Gejala

Para ahli memperingatkan bahwa dokumen palsu telah memperburuk situasi pandemi virus corona yang sudah mengerikan di Bangladesh, negara berpenduduk 168 juta jiwa, dengan meragukan kebenaran sertifikat yang dikeluarkan oleh klinik.

"Dia ditangkap dari tepi sungai perbatasan saat dia berusaha melarikan diri ke India. Dia mengenakan burqa," kata Juru Bicara Batalyon Aksi Cepat Kolonel Ashique Billah kepada AFP.

BACA JUGA: Bangladesh Tutup Tujuh Desa Setelah Puluhan Ribu Orang Hadiri Pemakaman Ulama

"Rumah sakitnya melakukan 10.500 tes virus korona, dari yang 4.200 yang asli dan sisanya, 6.300 laporan pengujian, diberikan tanpa melakukan tes."

Shahed juga dituduh mengenakan biaya untuk sertifikat dan perawatan virus meskipun ia telah setuju dengan pemerintah bahwa rumah sakitnya di Ibu Kota Dhaka akan memberikan perawatan gratis.

Seorang dokter terkenal dan suaminya juga ditangkap oleh polisi dan dituduh menerbitkan ribuan sertifikat virus palsu di laboratorium mereka di Dhaka.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini