Share

Polisi Tangkap 4 Provokator Terkait Ambil Paksa Jenazah Pasien Covid-19

Jaka Samudra, iNews · Minggu 19 Juli 2020 02:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 19 519 2248614 polisi-tangkap-4-provokator-terkait-ambil-paksa-jenazah-pasien-covid-19-cwj3knBnD4.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

PASURUAN - Polresta Pasuruan, Jawa Timur, mengamankan 4 orang terkait penjemputan paksa jenazah pasien virus corona atau Covid 19. Keempat warga itu diduga kuat memprovokasi ratusan warga mengambil jenazah dan membongkar peti mati, padahal mereka bukan dari keluarga korban.

Sementara itu, gugus tugas kabupaten setempat melakukan pembinaaan kepada warga agar tidak mengulangi aksi main paksa pasien covid.

Keempat orang yang semuanya warga Desa Rowogempol, Kecamatan Lekok, Pasuruan itu kini menjalani pemeriksaan kepolisian. Mereka Ditangkap Tim Buser Polresta Pasuruanterkait perebutan jenazah positif covid-19 di Desa Rowogempol, pada Kamis sore.

Peran para tersangka yang identitasnya masih dirahasiakan ini berbeda-beda, di antaranya sebagai penghadang ambulans pengangkut jenazah, pembongkar peti jenazah hingga membuang peti di area kuburan.

Tersangka terancam Pasal 212 dan 214 KUHP dan Pasal 14 Ayat 1 Undang-Undang nomor 4 tahun 1984 tentang wabah penyakit menular dengan ancaman di atas dua tahun penjara.

“Kami menangkap 4 pelaku yang terjadi kamis kemarin, Kami imbau warga agar tidak melakukan hal yang sama,” ujar Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman, Sabtu 18 Juli 2020.

Sementara itu tim satgas covid-19 melakukan edukasi kepada warga desa setempat untuk mengantisipasi peristiwa tersebut tidak ada lagi sehingga tidak terjadi penyebaran covid-19 semakin meluas di wiliyahnya.

Baca Juga : Reruntuhan Istana Bangsa Aztec Ditemukan di Bawah Bangunan Megah

Diketahui, prosesi pemakaman jenazah pasien positif covid-19 asal Desa Rowogempol pada Kamis sore kemarin berlangsung ricuh. Pasalnya usaha gugus tugas melakukan pemakaman sesuai protokol kesehatan ditolak warga.

Massa bahkan merebut paksa peti jenazah, serta membuka peti jenazah pasien positif covid-19, Abdur Rozak, pria berusia 29 tahun, lalu memakamkannya tanpa prosedur protokol kesehatan.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini