Tenaga Kesehatan Positif Corona, 2 Puskesmas di Bantul Tutup Sementara

Kuntadi, Koran SI · Selasa 21 Juli 2020 14:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 510 2249794 tenaga-kesehatan-positif-corona-2-puskesmas-di-bantul-tutup-sementara-PBxrYj2Zd1.jpg foto: istimewa

BANTUL – Layanan kesehatan kepada masyarakat di Puskesmas Sewon II, dan Puskesmas Kasihan I di Kabupaten Bantul, DIY ditutup sementara. Langkah ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19, setelah ada tenaga kesehatannya positif Covid-19.

“Untuk sementara waktu kita tutup pelayanan kesehatan di sana, dua atau tiga hari untuk sterilisasi dan penyemprotan disinfektan,” kata Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Pemkab Bantul, Yogyakarta, Sri Wahyu Joko Santosa, Selasa (21/7/2020).

Di Puskesmas Sewon II ada dua tenaga kesehatan yang hasil uji tes swab menunjukkan positif Covid-19. Sedangkan di Puskesmas Kasihan I ada satu orang tenaga kesehatan yang terinfeksi virus corona.

 Korban Covid-19

Dinas Kesehatan telah melakukan tracking terhadap orang yang melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19. Mereka langsung menjalani tes swab, untuk mencegah penularan.

“Semuanya sudah menjalani tes swab dan tinggal menunggu hasilnya,” katanya.

Selama masa penutupan, warga yang ingin mendapatkan layanan bisa mengakses di puskesma terdekat. Salah satunya di Puskesmas Sewon I ataupun di Puskesmas Kasihan II.

 

Sementara itu, Pj Kepala Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon, Baron Nur Cahyo mengatakan tenaga kesehatan di Puskesmas Kasihan I juga membuka praktik di rumahnya. Untuk sementara waktu praktik juga ditutup dan telah dilakukan sterilisasi.

“Tempat praktik juga ditutup sementara, sudah disterilisasi dengan penyemprotan disinfektan,” katanya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini